SMPN 3 Tirtajaya Seperti Tempat Wisata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 3 Tirtajaya Seperti Tempat Wisata

SMPN 3 Tirtajaya Seperti Tempat Wisata

Written By Admin Raka on Selasa, 03 April 2018 | 15.00.00

TIRTAJAYA, RAKA- Beragam cara kepala sekolah dan guru dalam menerapkan sistem di sekolahnya, khususnya agar siswa lebih fokus dalam belajar dan lebih betah di lingkungan sekolah. Mulai dari cara penerapan pembelajaran, hingga penataan lingkungan sekolah. Seperti sekolah berwawasan lingkungan, bernuansa wisata berbasis perikanan, pertanian dan budaya tradisional yang diterapkan di Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 3 Tirtajaya.
Di katakan Kepala SMPN 3 Tirtajaya, H Dedi Kurnia, dekorasi yang ia bangun di lingkungan sekolahnya, di samping agar kreatifitasnya bisa diikuti oleh siswa, juga bertujuan agar siswa merasa memiliki terhadap sekolahnya sendiri. Dan tentunya, dalam menerapkan sekolah berbasis wisata tersebut, pihaknya menyesuaikan dengan basis lingkungan yang menjadi mata pencaharian orang tua siswa yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani padi dan nelayan. "Selain kita terapkan sekolah bernuansa wisata, juga mengandung filosofi. Maka dari itu, hiasannya kita bangunkan lumbung padi atau leuit, dan perahu," ujarnya, kepada Radar Karawang, Senin (2/4) kemarin.
Lebih lanjutnya, setelah pihak sekolah menerapkan lingkungan bernuansa wisata, kesadaran siswa akan kebersihan pun di nilai meningkat. Menurutnya, hal tersebut merupakan efek dari sistem penerapan yang di lakukan oleh pihak sekolah. Lambat laun siswa pun menyadari jika kebersihan sekolah merupakan tanggung jawabnya. Hal lainnya, tak jarang juga lingkungan sekolahnya mendapat perhatian lebih dari masyarakat sekitar maupun masyarakat luar. Kendati pun demikian, utamanya lingkungan sekolah menerapkan lingkungan berbasis wisata tidak lain untuk kenyamanan siswanya dalam belajar.
Di tempat yang sama, pembantu kepala sekolah, Ahmad Sidik mengatakan, hingga saat ini pihak sekolah belum berhenti untuk berinovasi. Karena menurutnya, hal ini mempunyai 2 manfaat yang bisa diambil oleh para staf pengajar, maupun oleh siswa. Salah satunya bisa memperindah lingkungan sekolah, dan juga bisa diterapkan juga di rumahnya masing-masing. Apalagi, dalam mendekorasi lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang bernuansa wisata ini menggunakan bahan dan alat seadanya yang hanyak di jumpai di sekitar. "Sekarang pun saya banyak menerapkannya di rumah, caranya sesuai dengan apa yang saya lakukan di sekolah," tuturnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template