Situ Cibayat Menunggu Investor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Situ Cibayat Menunggu Investor

Situ Cibayat Menunggu Investor

Written By Admin Raka on Senin, 02 April 2018 | 13.15.00

TEGALWARU, RAKA - Potensi pariwisata di Kecamatan Tegalwaru sangat besar. Sayangnya hingga saat ini belum tergarap secara optimal. Meski begitu harapan pariwisata bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) potensial tetap besar, kendati untuk itu dibutuhkan peran semua pihak untuk terus menggenjot pengembangan wisata di ujung selatan itu.
Disampaikan, pemerintah saat ini tengah gencar melakukan promosi pariwisata Indonesia. Namun ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan pariwisata lokal. Salah satunya anggaran pengelolaan pariwisata. Banyak  daerah dengan latar belakang pariwisata  potensial tetapi  pengembangan objek wisatanya masih terabaikan.
Salah satunya Situ Cibayat di wilayah Desa Kutamaneuh.
Panorama Situ yang indah padahal bisa mendongkrak laju perekonomian di wilayah tersebut. Hanya saja perlu di tangani serius oleh stake holder agar bisa dijadikan objek wisata unggulan. "Situ Cibayat bisa menjadi Salah satu destinasi wisata di Kecamatan Tegalwaru. Pemandangannya indah dan situ nya juga bersih serta bisa berperahu mengelilingi Situ," ucap Makmur (33) tokoh masyarakat Desa Cibayat, Minggu (1/3).
Selain bisa menjadi objek wisata, terang Makmur,  bantsran situ itu pun digunakan warga untuk lahan pertanian warga disini, dan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi Situ Cibayat. Dirinya pun berharap, partisipasi masyarakat merupakan prasyarat penting dalam pelaksanaan pembangunan. Sebab pembangunan yang tidak melibatkan masyarakat akan cenderung memarginalkan masyarakat itu sendiri. Namun pada kenyataannya sering terjadi pengabaian partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat masih menjadi objek dari pelaksanaan pembangunan.
Diakuinya pengembangan desa wisata merupakan sebuah perubahan terencana yang di dalamnya membutuhkan partisipasi masyarakat lokal secara sinergi. Untuk itu dia berharap keterlibatan masyarakat dalam pengembangan desa wisata dan merumuskan model pengembangan desa wisata yang mengedepankan partisipasi masyarakat lokal menjadi hal penting.
Ono (54) juga warga Desa Cibayat menambahkan jika adanya objek wisata jangan sampai merubah tatanan kebutuhan. Diakuinya bahwa selama ini, Potensi Situ Cibayat, selain menjadi objek wisata juga sebagai sumber pengairan pertanian. Sehingga dirinya pun berpesan jika kombinasi wisata dan pertanian bisa berjalan bersama. "Saya sebagai warga, sih senang saja dengan harapan kami, adanya objek wisata, agar warga bisa rasakan keberadaannya. Akan tetapi, kalau bisa keberadaannya bisa menjadi kerjasama antara wisata dan pertanian, sehingga semua elemen bisa merasakan manfaatnya," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template