Sisir Makanan Bercacing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sisir Makanan Bercacing

Sisir Makanan Bercacing

Written By Admin Raka on Rabu, 04 April 2018 | 11.00.00

Hasilnya Nihil 

PURWAKARTA,RAKA - Guna memastikan produk Mackerel yang mengandung cacing tidak ditemukan di Kabupaten Purwakarta. Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskop UMKM Perindag) Kabupaten Purwakarta menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar swalayan dan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purwakarta, Selasa (3/4).
Kepala Diskop, UMKM, Perindag Purwakarta Entis Sutisna, melalui Kepala Seksi Pengawasan Tertib Niaga Sutrisno SH mengatakan, operasi tersebut dilakukan oleh Tim Gabungan terdiri dari unsur Indag, LPKSM, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pangan dan Pertanian, serta beberapa personel Satpol PP. "Total ada 30 orang dan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok 1 menggelar sidak di Tokma Munjul, Toserba Yogya, Indomaret Jalan Tengah, dan Alfamidi Munjul. Sedangkan kelompok 2 menggelar sidak di Tokma Ciseureuh, Giant Pelangi Plaza, Alfa Koncara, Yomart Ipik Gandamanah dan di Pasar Ki Sunda Leuwi Panjang," kata Sutrisno.
Dirinya menjelaskan, sidak tersebut bertujuan untuk melindungi konsumen dan seluruh masyarakat, agar terhindar dari produk ikan Mackarel yang mengandung cacing. "Hasil sidak ke sejumlah toko swalayan dan mini market, kami pastikan aman karena tidak ada satu pun produk Mackerel yang dipajang. Pun halnya dengan sidak di pasar tradisional, alhamdulillah hasilnya nihil," ujarnya.
Ia mengatakan, pihaknya hanya menemukan produk Mackerel yang berada di dalam gudang salah satu pasar swalayan yang menurut pengakuan manajemennya, menunggu mobil ekspedisi untuk dikembalikan ke produsen. "Untuk itu kami membelinya beberapa buah untuk kemudian dilakukan cek laboratorium dan sebagai bukti laporan," ucapnya.
Disinggung terkait produk sarden, Sutrisno menjamin jika itu aman dikonsumsi. "Hanya Mackerel, kalau sarden tidak ya. Aman," katanya menjamin.
Sementara itu, salah satu Asisten SPV Tokma Munjul Santa menyebutkan, pihaknya sudah sejak lama menarik produk Mackerel dan mengembalikan ke produsen. "Kami sudah menerima surat dari Head Office untuk menarik produk Mackerel berbagai merk sejak maraknya kasus penemuan cacing pada produk tersebut. Yang kami pajang sekarang hanya produk sarden," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template