Server Eror UNBK Molor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Server Eror UNBK Molor

Server Eror UNBK Molor

Written By Admin Raka on Selasa, 24 April 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 7 Purwakarta Senin (23/4), sempat mengalami molor atau keterlambatan waktu hingga 45 menit lamanya. Hal ini terjadi akibat adanya perbaikan server, sehingga sebanyak 354 peserta UNBK di SMPN 7 Purwakarta yang digelar di SMAN 3 Purwakarta sempat kebingungan. Sebab, seharusnya ujian sesi pertama digelar pukul 7.30 namun baru terlaksana sekitar pukul 8.30 WIB.
Teknisi jaringan UNBK SMPN 7 Purwakarta, Andre Nugraha mengatakan, keterlambatan pelaksanaan terjadi akibat adanya perbaikan server dari pusat penilaian pendidikan Kemendikbud. "Namun kondisi itu tidak berlangsung lama. Karena setelah dicek signal sudah ada dan kembali stabil, sehingga para peserta ujian bisa melaksanakan ujian dengan lancar," ujarnya.
Sementara Kepala SMPN 7 Purwakarta Dedeh M Maemunah mengatakan, UNBK yang baru kali pertama dilaksanakan oleh sekolahnya itu, terpaksa menginduk di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Purwakarta. Menurutnya, hal itu karena masih kurangnya sarana komputer. "Kami pertama ingin mengadakan UNBK secara mandiri. Namun, sarana komputer yang kami punya hanya 30 komputer. Sedangkan dari hasil rapat bersama komite dan orang tua murid yang bersedia meminjamkan laptop atau komputer hanya 14 orang. Padahal aturan untuk UNBK mandiri harus tersedia 120 komputer," jelasnya.
Di sisi lain, dengan pelaksanaan UNBK menginduk di SMAN 3 Purwakarta, tidak memberatkan pelajarnya. "Kami sudah memikirkan masak-masak soal pelaksanan UNBK di SMAN 3. Sebagian besar anak-anak SMP 7 berdomisili tidak jauh dari SMAN 3 dan memang sebelum UNBK, kami sudah sering melaksanakan simulasi UNBK sejak Februari di SMAN 3," tuturnya.
Gangguan serupa juga terjadi di SMPN 4 Purwakarta. Di sekolah ini, UNBK tertunda selama 30 menit. Endang Jaenudin, panitia UNBK SMPN 4 mengatakan, tertundanya pelaksanaan UNBK dikarenakan harus mempersiapkan user untuk UNBK. "Alhamdulillah selama ini gak ada kendala, selama waktu sinkronisasi. Cuma ada keterlambatan sekitar 30 menit dikarenakan buka user ke pusat," jelas Endang.
Ia juga mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 4 dibagi menjadi 3 sesi pelaksanaan. Sesi pertama dari jam 07.30 sampai 09.30, sesi ke-dua dari jam 9.30 sampai 12.30, dan sesi terakhir dari jam 13.00 sampai 14.30.
Diketahui sebelumnya, dari 172 SMP/MTs di Kabupaten Purwakarta, hanya 48 sekolah yang akan melakukan UNBK. Sementara sisanya masih dengan metode Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Hal ini disampaikan Kabid Dikdas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Kusnandar. Menurutnya, UN digelar mulai 23 hingga 26 April mendatang. "Sebanyak 7.732 siswa di 48 sekolah ujian berbasis komputer, dan sekitar 4.817 siswa di 124 sekolah masih ujian berbasis manual," ujar Kabid.
Mengingat fasilitas untuk keberlangsungan program tahunan tersebut belum memadai secara maksimal. Dalam pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan selama empat hari tersebut, tidak dilaksanakan secara mandiri, melainkan bekerasama dengan 7 Sekolah SMA/SMK Negeri di Purwakarta. Selain itu, penyelenggaran UNBK di tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 4 sekolah menyelenggarakan UNBK. "Tahun kedua, ada peningkatan penyelenggaraan UNBK, mudah-mudahan ditahun depan secara keseluruhan dapat digelar secara mandiri," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template