Sediakan Pasar Perajin Wayang Golek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sediakan Pasar Perajin Wayang Golek

Sediakan Pasar Perajin Wayang Golek

Written By Admin Raka on Kamis, 05 April 2018 | 15.15.00

KLARI, RAKA - Pasca menerima hadiah berupa rumah tidak layak huni (Rutilahu) dan hasil karya wayang goleknya di beli oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Kini Abah Ana kembali menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala.
Padahal menurut pegawai Desa Duren Kecamatan Klari Lili Sukarli, seharusnya ada tindaklanjut yang berkesinambungan terkait perhatian terhadap Abah Ana yang merupakan perajin wayang golek itu. Pasalnya saat ini Abah Ana hanya mengandalkan hasil jualan wayang goleknya kepada para dalang. "Kembali seperti dulu, hanya jualan ke dalang. Harusnya pemerintah memfasilitasi pemasarannya juga," kata Lili kepada Radar Karawang.
Dia menyampaikan, kalau saja ada tempat khusus untuk bisa memasarkan hasil karya para perajin wayang golek Karawang. Sehingga para perajin tidak kebingungan harus kemana menjual hasil karyanya. "Pemda yang harus mengkordinir. Kemudian dipasarkan. Bisa ke perusahaan-perusahaan, ke mal-mal, bahkan ke hotel-hotel," bebernya.
Dia mencontohkan, kalau setiap perusahaan, mal dan hotel yang ada di Karawang diwajibkan memajang beberapa karakter wayang golek hasil perajin Karawang, maka penghasilan para perajin akan meningkat dan secara otomatis kesejahteraan mereka juga meningkat. "Ini baru langkah jelas yang langsung mengarah pada masyarakat, ya khusus para perajin wayang golek," bebernya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, pemda hanya tinggal menghitung berapa kebutuhan wayang golek yang harus disiapkan. Kemudian komunikasi dengan para perajin soal kemampuan produksinya. "Nanti bisa dihitung, dalam jangka berapa lama, mereka bisa memproduksi agar program pemasaran hasil budaya itu bisa terealisasi," ujarnya.
Ide yang disampaikannya itu hanya salah satu contoh saja bagaimana pemerintah bisa terus memperhatikan kehidupan para budayawan yang ada di Karawang. Karena kalau tidak diperhatikan, bisa saja perajin wayang golek di Karawang punah. "Ini contoh salah satu program saja, bisa juga dengan cara lain. Yang penting para perajin wayang golek secara ekonomi bisa meningkat," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template