Satu Siswi SMPN 1 Kotabaru tak Ikut Ujian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Siswi SMPN 1 Kotabaru tak Ikut Ujian

Satu Siswi SMPN 1 Kotabaru tak Ikut Ujian

Written By Admin Raka on Jumat, 27 April 2018 | 13.45.00

KOTABARU, RAKA - Usai sudah pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada hari Kamis (26/4) kemarin. Di SMPN 1 Kotabaru, dari 616 peserta ujian yang terdaftar,  satu orang tidak ikut ujian karena meninggal dunia.
"Peserta ujian yang terdaftar 616 orang, yang ikut ujian 615. Satu orang tidak ikut karena meninggal dunia akibat sakit," beber panitian UN SMPN 1 Kotabaru Ali Tafrikhin, di ruang panitia.
Dia menyampaikan yang meninggal dunia itu adalah siswi asal Sukaseuri. Tidak ikut ujian satu haripun karena meninggalnya pada hari Senin subuh.  Oleh karenanya, dalam pelaksanaan UN sebenarnya keluarga besar SMPN 1 Kotabaru berduka. "Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah," ucapnya.
Pelaksanaan UN sendiri masih dilakukan secara manual alias tidak menggunakan komputer. Sama seperti SMP negeri lain yang ada di Kabupaten Karawang. "Semuanya UNKP kalo negeri. Yang UNBK ada beberapa sekolah swasta," ujarnya.
Di SMPN 1 Kotabaru sendiri tidak UNBK karena masih tergolong minim sarana dan prasarana komputer. Karena paling tidak sekolah harus menyiapkan 1/3 komputer dari jumlah peserta, sementara komputer yang tersedia hanya sekitar 20 unit. "Minimal 1/3 nya, berarti sekitar 206 unit komputer harus ada kalau mau UNBK," bebernya.
Meski demikian, pelaksanaan UNKP di SMPN 1 Kotabaru berjalan lancar tanpa kendala. Semuanya sesuai prosedur termasuk proses pengawasan silang yang dilakukan oleh guru dari sekolah lain. "Pengawasnya 62 orang, dari SMPN 1 Cikampek 28 orang, SMP Taman Siswa 4 orang dan dari SMPN 4 Kotabaru 30 orang," ujarnya.
Sebelum ujian, seluruh siswa kelas 9 sudah dikonfirmasi oleh pihak sekolah terkait kelanjutan mereka. Sedangkan hasilnya mayoritas akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi termasuk ada yang akan melanjutkan ke pesantren. "Tapi ada sekitar 5 pesenan atau 30 siswa yang tidak mengisi akan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi," terangnya.
Pihak sekolah sendiri berkomitmen untuk bisa mengantarkan siswa didiknya untuk bisa duduk ke sekolah yang dituju. Oleh karenanya saat ini sudah disiapkan panitia untuk membantu mendaftarkan ke SMA sederajat. "Suah ada tim yang ngurus. Jadi kalau ada persoalan tim ini yang menangani," jelasnya.
Kepala SMPN 1 Kotabaru Abdul Muhit berpesan, kepada seluruh siswa terutama yang lulus untuk bisa menjaga nama baik sekolah dan orangtua. Oleh karenanya di hari akhir UNKP, pihak sekolah mengumpulkan peserta ujian terlebih dahulu untuk diberikan motivasi. "Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, apalagi tawuran. Makanya kami kasih pengarahan dan motvasi dulu," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template