Sampah Sukaluyu Dikelola Karangtaruna - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Sukaluyu Dikelola Karangtaruna

Sampah Sukaluyu Dikelola Karangtaruna

Written By Angga Praditya on Kamis, 12 April 2018 | 16.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pemerintah Desa Sukaluyu bekerjasama dengan Karangtaruna melakukan pengelolaan sampah terintegrasi. Melalui kerjasama tersebut diharapkan persoalan sampah yang terjadi di desa itu bisa teratasi. 
Kepala Desa Sukaluyu Hj. Ayum Nurlaelasari, ditanya perihal itu mengatakan selama ini tahapan penanganan sampah dilakukan dengan pengumpulan sampah di tingkat rumah tangga. Setelah itu baru diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di desa tersebut sebelum kemudian diangkut armada Dinas Kebersihan Kabupaten Karawang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Jalupang di Kotabaru.
"Nantinya, sampah di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur akan ditangani masing-masing kepala desa. Untuk Desa Sukaluyu sendiri program penanganan sampah itu sudah dilakukan. Sementara ini kami sedang mempersiapkan mobilisasi pengangkutannya, selain manajemen sampahnya untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya sebelum masuk bank-bank sampah," terang Arum, Rabu (11/4).
Arum juga mengatakan, mengacu dari kondisi saat ini, untuk menyelesaikan masalah sampah harus melihat pola penanganannya. Termasuk menentukan di titik mana dari mata rantai pembuangan sampah tersebut dapat dilakukan perbaikan. Sehingga sampah yang masuk ke TPA akhirnya hanya berupa sampah yang benar-benar tidak dapat diolah kembali.
Ditambahkan Sekdes Sukaluyu, Ahmad Zaelani ST, dia pun optimis pengelolaan sampah di desanya bisa konsisten dilaksanakan masyarakat, sehingga sampah tidak lagi menjadi persoalan yang sering memicu pertengkaran. "Nantinya malahan kami juga akan melakukan pemantauan di masing-masing dusun, sehingga kepala dusun dan ketua RT, diharapkan bisa menjadi ketua pelaksana monitoring pelaksanaan itu," jelasnya.
Sementara itu tokoh masyarakat Desa Sukaluyu H. Ubaidillah berharap program penangangan sampah ini bisa menjadi solusi terhadap sampah-sampah yang ada di desa itu.
"Pemerintah sekarang ini sedang menggalakkan program penanganan sampah. Makanya saya sangat setuju, kalau di desa ini mengambil peran, minimal melakukan terobosan yang bisa dicontoh desa-desa lain," ucapnya. (yfn)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template