Sampah Nyaris Bendung Aliran Sungai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Nyaris Bendung Aliran Sungai

Sampah Nyaris Bendung Aliran Sungai

Written By Admin Raka on Selasa, 24 April 2018 | 13.30.00

PANGKALAN, RAKA - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tegalwaru hampir seharian penuh berimbas terhadap peningkatan volume air Sungai Cikumpeni yang melintasi Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan. Sialnya derasnya arus sungai ternyata ikut menyeret sampah dari desa-desa tetangga.
"Sampah hampir membendung aliran sungai, untungnya petani peduli sehingga gotong royong membersihkan sampah yang nyangkut di pintu air," ucap Kojak (36) petani asal Kampung Cibeureum, Desa Jatilaksana, Senin (23/4).
Dikatakannya, setiap hujan deras sungai selalu mengalami peninggian volume air, dan selalu dibarengi sampah. "Sebetulnya tinggal kesadaran masyarakatnya saja. Kalau masyarakatnya sadar pentingnya tidak buang sampah ke sungai, pasti tidak ada sampah yang tersangkut," tandas Kojak.
Hal senada pun diutarakan Awo (49) juga petani asal Desa Jatilaksana. Sekarang banyak yang menjadikan bahu sungai tempat buang sampah. Sepintas memang tidak mengganggu, akan tetapi sampah akan berakibat fatal jika air sungai mengalami peninggian volume air. "Sampah terseret semua, dan akibatnya terbawa sampai ke wilayah paling rendah. Malahan sawah pun menjadi tempat sampah terkumpul. Tetapi yang jelas, kami yang sangat kepayahan, hujan dengan intensitas tinggi memang terjadi semenjak hari sabtu kemarin," ucapnya.
Sekretaris Kecamatan Pangkalan Drs. Bunawan. SH. MH, disinggung perihal itu menuturkan, sebagian masyarakat memang kurang memperhatikan kebersihan, terutama kesadaran pentingnya tidak buang sampah disekitar sungai. Tetapi yang terjadi malah sebaliknya, lahan kosong dan sungai kadang menjadi tempat pembuangan akhir sampah. Akan pemerintah kecamatan sekarang ini sudah tegas dan akan menindak warganya jika kedapatan membuang sampah di sekitar sungai.
"Kami menyoroti serius masalah sampah ini. Bahkan setiap rapat minggon masalah ini terus bahas agar pemerintah desa bisa bersikap tegas menyikapi persoalan sampah. Selain mendesak agar memberikan efek jera kepada warganya yang membuang sampah di sekitar sungai. Sudah saatnya pemerintah sinergis dengan masyarakat untuk ikut andil menjaga kebersihan," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template