Rubah Dapil, Dewan Dapil 6 Tambah Pesaing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rubah Dapil, Dewan Dapil 6 Tambah Pesaing

Rubah Dapil, Dewan Dapil 6 Tambah Pesaing

Written By Angga Praditya on Selasa, 10 April 2018 | 14.16.00

CIAMPEL, RAKA - Setelah adanya perubahan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi dalam pemilihan legislatif di Karawang pada 2019 mendatang khususnya dapil enam. Anggota dewan dapil enam yang terpilih pada tahun 2014 lalu menilai tahun 2019 mendatang akan semakin banyak pesaing untuk merebutkan kursi wakil rakyat tersebut.
"Tergantung menyikapinya. Tapi dengan bertambahnya kecamatan dan jumlah kursi. Pesaing akan semakin banyak," kata Saepudin Permana, politisi Golkar yang saat ini duduk di DPRD Karawang.
Bisa dibayangkan, kata Aep sapaan akrab Saepudin Permana, ada beberapa rekan kerjanya yang tadinya naik dari dapil satu kemungkinan di tahun 2019 mendatang naik dari dapil enam. Diantaranya, tambah Aep, seperti Endang Sodikin dari Gerindra, Suryana dari Golkar, Dedi Rustandi dari PPP, Hitler dari Demokrat, bahkan Indriyani dari NasDem juga dikabarkan akan berkompetisi di dapil enam. "Kursinya nambah tiga (jadi 10 yang tadinya 7), tapi dewan petahananya makin banyak yang akan bersaing di dapil enam, lebih dari tiga," bebernya.
Meski demikian, dia meyakini 2019 mendatang suara yang sudah dibinanya akan tetap aman. Karena pada saat pemilihan tahun 2014 lalu hanya meliputi Kecamatan Ciampel, Purwasari, Klari dan Majalaya, sedangkan tahun 2019 ditambah Karawang Timur. "Kecamatan yang 2014 lalu nggak hilang. Tapi ditambah satu kecamatan. Setidaknya suara saya bisa tetap," bebernya.
Hal senada disampaikan oleh angota dewan lainnya Asep Dasuki, meski saat ini dirnya masih menunggu putusan hukum akibat adanya surat PAW dari DPC PPP yang dipimpin oleh Hj Lina S, namun dia memprediksi dapil enam akan menjadi dapil yang lebih ramai jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu. "Nambah kursi, nambah kecamatan dan hitungan penetapan kursinya juga baru. Akan semakin ramai itu," ujar Asep yang belum memastikan akan ikut berkompetisi kembali atau tidak dalam pileg 2019 mendatang.
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang telah menetapkan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi dalam pemilihan legislatif 2019.
Ketua KPU Karawang Riesza Affiat mengatakan, jumlah daerah pemilihan tetap sama yaitu enam. Tapi ada dua kecamatan yang pindah ke dapil lain. Yaitu Kecamatan Karawang Timur yang semula ada di dapil satu, pindah ke dapil enam. Sedangkan Cilebar yang awalnya masuk dapil tiga menjadi dapil dua. "Agar komposisi dapil seluruh kursi jadi proporsional," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template