RSUD Terima Sumbangan Kursi Roda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Terima Sumbangan Kursi Roda

RSUD Terima Sumbangan Kursi Roda

Written By Admin Raka on Jumat, 20 April 2018 | 18.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Jika ada warga yang memiliki kursi roda tetapi sudah tidak dipakai dipersilahkan untuk disumbangkan ke RSUD. Apalagi hingga saat ini rumah sakit daerah itu hanya memiliki 50 set kursi roda. Jumlah itu dinilai masih kurang jika dibanding banyaknya pasien khusus yang membutuhkan alat kesehatan tersebut.
Pemakaian kursi roda lebih diutamakan untuk pasien yang memiliki kondisi cukup parah dan tidak bisa berdiri lama. "Sudah ada tiga orang yang menyumbangkan kursi roda. Biasanya kursi roda itu milik pasien yang sudah sembuh atau meninggal," ujar petugas di Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan RSUD, Saipul Komar, kepada Radar Karawang, Kamis (19/4).
Saipul menambahkan kursi roda hasil sumbangan masyarakat dimasukkan ke dalam aset RSUD. Sementara penempatan kursi roda itu sendiri tidak ditempatkan disembarang tempat, tetapi sudah ada tempat tertentu yang memang sudah ditentukan. "Keberadaan kursi roda secara teknis ditempatkan disetiap pintu masuk unit pelayanan, baik di pelayanan harian seperti poli dan Unit Gawat Darurat (UGD)," ujar Saipul.
Terkait fasilitas kursi roda, Humas Promkes RSUD, H. Ruhimin, SH mengatakan kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang sangat erat terhadap kepuasan pasien. Dengan menyediakan kursi roda dapat memudahkan pasien beraktivitas di area rumah sakit. Pelayanan yang baik akan berdampak kepada kepercayaan pasien dan menjadi awal baik untuk membangun hubungan jangka panjang.
"Jadi sekarang pelayanan kami bukan saja non teknis tapi teknis pun akan terus diupayakan supaya pasien akan merasakan kenyamanan. Kini pasien juga tidak perlu repot karena di depan pintu utama RSUD Karawang, sudah tersedia kursi roda dan bisa langsung dipergunakan," jelasnya.
Tetapi pelayanan kursi roda ini masih dinilai tidak berjalan dengan baik. Masih ada warga yang mengeluh terkait pelayanan kursi roda di RSUD. Pasien menganggap petugas RSUD masih belum peka terhadap pasien yang kondisinya cukup parah. Seperti yang diungkap oleh Sri Yani (55) warga Desa Panyingkiran, Kecamatan Tempuran, beberapa waktu lalu. Dia sempat meminta diadakannya antrean khusus pasien yang kondisinya lemah dan juga menggunakan kursi roda. Tetapi sangat disayangkan pelayanan tersebut tidak ada. "Pasien yang menggunakan alat bantu juga ya harus diperhatikan. Kondisi mereka tidak sama dengan pasien-pasien normal yang lebih kuat. Tetapi, itu hanya masukan saja," ucapnya.
Kursi roda sangat penting untuk pasien. Seluruh rumah sakit sudah harus dipastikan menggunakan kursi roda untuk kegiatan operasionalnya terlebih untuk tim medis. Apabila pasien harus berjalan dari satu ruangan ke ruangan lain, ini dapat mengganggu kesehatannya. Manfaat lainnya adalah dapat dirasakan untuk pasien yang cedera pada bagian kaki. Karena dikala bosan, pasien bisa berjalan-jalan di area rumah sakit menggunakan kursi roda. (mg1/ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template