RSUD Diminta Tambah Toilet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Diminta Tambah Toilet

RSUD Diminta Tambah Toilet

Written By Admin Raka on Senin, 23 April 2018 | 15.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Selain persoalan minimnya toilet hal lain yang juga penting mendapat perhatian persoalan ketertiban pengunjung rumah sakit, terutama masih terlihatnya anak-anak yang bermain di sekitar rumah sakit.
Data yang dihimpun Radar Karawang, baru-baru ini, ketersediaan toilet umum di lingkungan rumah sakit umum daerah sebetulnya sudah ada, persisnya di area poli rawat jalan. Area lain yang juga dilengkapi toilet umum di ujung selatan dan barat juga ada. Akan tetapi yang di selatan banyak masyarakat belum mengetahui keberadaan toilet umumnya sedangkan disisi barat toilet yang ada hanya satu dan satunya digunakan khusus untuk pegawai rumah sakit.
Persoalan sekarang, pengunjung rumah sakit hanya mengetahui toilet yang berada di lingkungan poli rawat inap, sehingga jika toilet itu dipergunakan lebih dari tiga orang dipastikan akan terjadi antrean. Terlebih jika pengguna toilet ternyata melakukan buang hajat, yang terjadi antrean pun bisa berlangsung berjam-jam. "Jika ada lebih saja dua pasien atau keluarga pasien maupun pengunjung rumah sakit yang ingin buang hajat, yang terjadi mereka harus menunggu giliran alias antre," ujar Amran (40) pengunjung RSUD.
Sialnya, terkadang yang antrepun lebih dari tiga sehingga membentuk barisan panjang ke belakang. Karenanya, selain toilet di ujung barat dan selatan yang saat ini ada, idealnya adalagi tambahan toilet di lingkungan rumah sakit. "Untuk WC sebelah barat hanya satu, jumlah itu tidak dapat mengantisipasi jumlah pasien yang menggunakan toilet itu. Karenanya, idealnya memang RSUD bisa menyediakan lebih dari satu toilet di area poli rawat inap," ucap Amran.
Apalagi, lanjut Amran, saat buka pemeriksaan poli, kunjungan pasien cukup banyak. Sehingga pasien atau keluarga pasien tidak lagi mesti antre. "Harapannya sih bisa di tambah karena satu WC lagi yang ada kan buat pegawainya. Memang kadang ada juga yang memilih ke arah selatan karena lebih banyak, tapi kalau tepat tengah berobat di salah satu poli yang ada di sebelah barat, terlalu kejauhan," paparnya.
Sementara kehadiran anak-anak di lingkungan RSUD sampai sekarang pun masih mendapat perhatian pihak rumah sakit. Di dalam peraturan rumah sakit tidak boleh dibawa masuk ke dalam ruang rawat pasien, namun hal itu belum bisa ditegakkan. Disamping kerumunan warga masih banyak ditemui pada pekarangan rumah sakit bahkan pelataran rumah sakitpun dijadikan ruang tunggu dadakan dengan menggunakan alas lantai seadanya juga dijadikan tempat mereka istirahat dan melepas lelah. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template