Ronda Malam Diwajibkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ronda Malam Diwajibkan

Ronda Malam Diwajibkan

Written By Angga Praditya on Selasa, 03 April 2018 | 14.00.00

Minimalisir Aksi Pencurian di Balonggandu

JATISARI, RAKA - Dalam rangka menekan aksi pencurian di wilayah Desa Balonggangu. Siskamling sudah mulai kembali digalakan terutama di wilayah Perumahan Bumi cikampek Baru.
Warga Perumahan Bumi Cikampek Baru, Desa Balonggandu Dede Sudrija (21) menyampaikan, untuk saat ini giat ronda malam di wilayah perumahannya sudah kembali dijalankan secara rutin. Hal itu diperuntukan dalam meminimalisir aksi kejahatan pencurian di malam hari. "Iya di perumahan ini setiap RT nya ada ronda malam, bahkan tidak hanya para orang tua, pemuda di setiap gangnya pun ikut dilibatkan," terang Dede, kepada Radar Karawang, Senin (2/4).
Dede melanjutkan, sejauh ini aksi pencurian sudah mulai tidak terdengar. Padahal sebelumnya aksi pencurian di perumahan sering terjadi. Hal itu yang menjadikan kewajiban giat siskamling dilakukan. "Kalau empat bulan terakhir ini udah tidak terdengar lagi sih ada warga yang kemalingan, kalau dulu mah sering," katanya.
Dilokasi yang sama, Ketua RW 07 Perumahan Bumi Cikampek Baru, Desa Balonggandu Darto Iskandar mengatakan, memang benar sebelumnya aksi pencurian banyak terjadi di lingkungan perumahan. Itu juga yang menjadikan alasan warga agar tetap melaksanakan giat siskamling setiap malamnya. "Untuk meminimalisir aksi kejahatan, solusinya peranan warga harus terlibat salah satunya dengan aktif adanya ronda malam," ujarnya.
Sementara itu, sambung dia, untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan tidak hanya dilakukan dengan optimalisasi giat siskamling. Akan tetapi, pendataan warga pendatang juga terus dilakukan. Hal itu agar di wilayahnya tidak menjadi sarang pelaku kejahatan. "Jadi kalau ada warga baru atau pendatang, ini wajib lapor ke RT setempat, biar tahu asal usulnya dan tujuannya tinggal disini, agar suasana aman bisa terus dijaga," ucapnya.
Hal senada disampaikan Aparatur Desa Balonggandu Kecamatan Jatisari Ahmad Sirojudin, menurunya, seluruh warga di wilayahnya tersebut sudah dihimbau untuk dapat mengaktifkan giat siskamling. Hal itu agar tindak kriminalitas di wilayahnya dapat diminimalisir. "Setiap minggon desa, agar seluruh RT yang ada di desa ini rutin melakukan ronda malam. Terutama di wilayah Perumahan Cikampek Baru, yang dulu itu sering terjadi aksi pencurian," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template