Retribusi Tiket Wisata Dirumuskan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Retribusi Tiket Wisata Dirumuskan

Retribusi Tiket Wisata Dirumuskan

Written By Admin Raka on Senin, 09 April 2018 | 18.30.00

TEGALWARU, RAKA - Dihapuskannya retribusi tiket bagi wisatawan di pintu masuk Desa Mekarbuana serta kondisi alam yang cerah memicu kunjungan wisatawan ke objek wisata di desa tersebut.
Seperti diakui Retno (22) wistawan asal Bekasi, Minggu (8/4). dia mendengar dari temannya retrbusi tiket di gerbang masuk desa dihapus, makanya dia ingin membuktikan sendiri. "Sekarang mah, tidak ada tiket di pintu desa, jadi gak terlalu banyak uang yang keluar sehingga kita bisa menikmati liburan yang kebetulan baru habis gajian. Kalau kita-kita paling hanya bisa mencari liburannya yang murah meriah saja, tetapi yang terpenting bisa nikmati alam di Karawang Selatan ini," Ucap Retno ketika memarkir motornya di areal parkir Kampung Sirnaruju, Desa Mekarbuana, Tegalwaru.
Disinggung perihal tiket retribusi yang kini ditiadakan oleh pemerintah Desa Mekarbuana, Kades Mekarbuana Jaji Maryono SP menerangkan tiket masuk kini tidak diberlakukan karena tengah dilakukan peninjauan ulang kelayakan hukum retribusi tersebut. "Sekarang sedang dilakukan keabsahan retribusi yang pernah terselenggara dulunya. Arahan dan masukan dari semua stakeholder termasuk dari Dinas Pariwisata Kabupaten Karawang dan Pemda menyarankan agar retribusi itu bisa dirumuskan secara teliti agar tidak ada pelanggaran keabsahan pemungutan," tandas jaji.
Sebelumnya, kata Jaji, pihaknya sudah membuatkan Peraturan Desa (Perdes) bawah retribusi tersebut dipayungi hukum, akan tetapi guna bisa mendapatkan kenyamanan, maka saya berinisiatif menempuh izin yang lain agar tidak menimbulkan polemik dan terlebih retribusi itu bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Desa Mekarbuana, agar bisa melakukan pembangunan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat," terangnya.
Sementara di tempat terpisah, Hamdi (27) warga Desa Mekarbuana mengatakan dirinya menyambut baik hilangnya retribusi karcis yang diselenggarakan Pemerintah Desa Mekarbuana. Apalagi, terangnya adanya retribusi tersebut sampai saat ini belum bisa berdampak signifikan bagi masyarakat Desa Mekarbuana itu sendiri. Diakuinya hilangnya retribusi karcis yang ada malah kini menambah lonjakan pengunjung karena beban untuk jalan-jalan ke wilayah ujung selatan kini berkurang.
"Yang paling merasakan adalah wisatawan karena tidak terbebani uang masuk di desa. Lagian adanya retribusi di desa juga tidak mempengaruhi juga masyarakat secara langsung, dan kadang adanya karcis, malah menambah macet saja di gerbang masuk, sekarang jadi longgar dan nyaris tidak ada penumpukan pengunjung," paparnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template