Rencana Detail Tata Ruang Mendesak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rencana Detail Tata Ruang Mendesak

Rencana Detail Tata Ruang Mendesak

Written By Admin Raka on Minggu, 08 April 2018 | 17.26.00

KARAWANG, RAKA - Jalan rusak menjadi pemandangan sehari-hari warga Kabupaten Karawang. Agar tidak dicap jelek oleh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Karawang pada bulan ketiga ini masih fokus pembangunan infrastruktur.
Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karawang diminta menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Teddy Rusfendy Sutisna kepada Radar Karawang di pendopo Lapang Karangpawitan, Jumat (6/4). "Pembangunan di Karawang ada tiga sektor. Mulai dari pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Sekarang fokus pada penataan infrastruktur. Karena infrastruktur sebagai daya dukung untuk bisa membangkitkan perekonomian masyarakat," ujarnya.
Ia melanjutkan, hingga saat ini RDTR Kabupaten Karawang masih belum ada, padahal sudah sejak lama rancangan peraturan daerahnya sudah digarap. "RDTR sedang akan diselesaikan oleh PUPR, itu kewajiban dari dinas. Karena itu akan lebih menyelaraskan dengan tata ruang yang ada. Sehingga kita nantinya lebih terici akan pembangunan untuk jangka panjang," ujarnya.
Menurutnya, jika peraturan daerah tentang RDTR, akan lebih jelas peruntukan setiap titik di Kabupaten Karawang. "Nantinya orang yang akan berinvestasi ke Karawang itu sudah tahu dengan jelas, untuk wilayah-wilayah mana saja yang boleh dipakai oleh pabrik dan juga perumahan," tuturnya.
Disinggung mengenai lahan pertanian yang semakin terkikis dengan banyaknya pembangunan, dikatakan Teddy, saat ini Pemkab Karawang sudah memiliki aturan yang menyangkut Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). "Disana diataur luas tanah pertanian dan non pertanian. Sehingga di luar jalur itu, mungkin saja tetap ada yang dilakukan. Tapi secara administrasi penggunaan lahan pertanian itu tidak bisa dilakukan, karena berbenturan dengan aturan yang sudah ada," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template