Ranting Pemicu Kabel Terbakar Dipangkas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ranting Pemicu Kabel Terbakar Dipangkas

Ranting Pemicu Kabel Terbakar Dipangkas

Written By Admin Raka on Senin, 02 April 2018 | 13.00.00

TEGALWARU, RAKA - Keluhan pelanggan terhadap seringnya listrik padam memaksa PLN melakukan pemangkasan pohon di jalur bentangan kabel. Selama ini selain akibat benang layang-layang, air yang merembes melalui daun dan ranting pohon juga penyebab terjadinya korsleting listrik hingga terbakarnya kabel.
Seperti dilakukan petugas PLN Rayon Kota Karawang wilayah Kecamatan Tegalwaru, Minggu (1/4), di sepanjang jalan utama Desa Cipurwasari, Kecamatan Tegalwaru. Pohon-pohon yang berjajar disepanjang lintasan kabel listrik semua dipangkas. Koordinator lapangan pemangkasan pohon, Wawan, mengatakan jaringan kabel listrik harus steril dan bersih  dari dahan pohon dan ranting agar tidak terjadi gangguan listrik.
Operasi pemangkasan dahan dilakukan di seluruh titik rawan di sepanjang jaringan listrik. Upaya itu terus dilakukan secara rutin agar tidak menimbulkan kerusakan jaringan. "Ini salah satu upaya PLN untuk menjaga dan memelihara jaringan listrik. Pelayanan kelistrikan harus dilakukan secara maksimal agar konsumen dan menjadi pelanggan PLN merasakan nyaman dan aman," ucap Wawan.
Wawan menambahkan untuk kegiatan itu pihaknya mengerahkan lima petugas yang melakukan pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon yang menempel di kabel listrik dan bisa mengakibatkan korsleting hingga menyebabkan kebakaran kabel. Kendati demikian Wawan berharap masyarakat ikut berpartisipasi dengan cara memberikan informasi jika ada potensi gangguan maupun terjadinya gangguan di pelanggan untuk percepatan pemulihan. Dengan begitu program pemeliharaan jaringan yang selama ini dilakukan bisa berlangsung secara optimal.
“Pemeliharaan ini kami lakukan bukan hanya karena saat ini di musim penghujan saja, tapi kami akan lebih intens untuk tetap melakukan pemeliharaan. Apalagi, di musim penghujan, resiko kegawatdaruratannya besar seperti angin kencang yang kadang membuat sejumlah tiang rubuh. Selain karena faktor alam, karena faktor usia peralatan juga,” ucapnya.
Sementara itu, Udung (44) warga Kebon Ceret, Desa Cipurwasari dan juga pemilik pohon dipinggir jalan Cipurwasari mengaku senang atas adanya pemangkasan dan pemotongan pohon yang dilakukan PLN. Menurutnya, pemangkasan pohon telah membantu warga dalam membersihkan pohon di pinggir jalan. "Saya cukup apresiasi dengan kesigapan PLN, yang menerjunkan timnya melakukan pemangkasan dahan atau ranting yang mengganggu. Kami sebagai warga, tidak akan berkeberatan dengan tindakan PLN, karena itu merupakan bentuk pelayanan juga," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template