Puasa dan Lebaran Rawan Pelanggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puasa dan Lebaran Rawan Pelanggaran

Puasa dan Lebaran Rawan Pelanggaran

Written By Admin Raka on Kamis, 05 April 2018 | 13.00.00

Panwaslu Minta Anggotanya Siaga

PURWAKARTA,RAKA- Tak lama lagi, masyarakat akan menghadapi bulan suci Ramadhan. Saat momentum politik, bulan puasa dan saat Idul Fitri, berpotensi marak pelanggaran pemilu. Oleh karena itu, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta meminta anggotanya hingga tingkat bawah untuk siaga melakukan pengawasan.
Dibandingkan daerah lain, Panwaslu Kabupaten Purwakarta paling terdepan dalam memutuskan perkara pelanggaran Pilkada 2018. Karenannya Ketua Panwaslu Purwakarta, Oyang Este mendorong agar penegakan hukum terpadu (Gakumdu) memiliki kesamaan persepsi. "Bila dibandingkan dengan daerah lain, Purwakarta selalu dalam posisi yang pertama memutuskan pada saat ada pelanggaran pemilu," ujar Binos, saat membuka rapat koordinasi sentra Gakumdu Panwaslu Kecamatan se-Purwakarta di Hotel Grand Situ Buled.
Dia mencontohkan, bagaimana Panwaslu Purwakarta dapat segera menyelesaikan perkara dan pelanggaran pilkada soal bakal pasangan calon yang tidak lolos hingga kepala desa yang berswafoto dengan calon. "Misalnya saat kasus sengketa pilkada dan selfie beberapa kepala desa belum lama ini. Setelah Panwaslu Purwakarta memutuskan barulah daerah lain yang mengalami kasus serupa ikut memutuskan," katanya.
Dia mencontohkan bagaimana Panwaslu Purwakarta dapat segera menyelesaikan perkara dan pelanggaran pilkada soal bakal pasangan calon yang tidak lolos hingga kepala desa yang berswafoto dengan calon. "Misalnya saat kasus sengketa pilkada dan selfie beberapa kepala desa belum lama ini. Setelah Panwaslu Purwakarta memutuskan barulah daerah lain yang mengalami kasus serupa ikut memutuskan," terangnya.
Karenanya, penting sekali bagi Panwaslu Purwakarta untuk memiliki kesamaan persepsi dalam memutus perkara pelanggaran pilkada. Kesamaan itu dimulai dari tingkat kecamatan hingga penegakan hukum terpadu di tingkat kabupaten. "Tim di kecamatan dan kabupaten bisa lebih siap lagi, mengingat kedepan ada potensi pelanggaran kampanye di momen hari besar seperti bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," pungkasnya.(gan)

Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template