Program Citarum Harum Belum Sukses - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Citarum Harum Belum Sukses

Program Citarum Harum Belum Sukses

Written By Admin Raka on Kamis, 26 April 2018 | 14.15.00

Kades Walahar Cari Oknum yang Kotori Citarum

KLARI, RAKA - Program Citarum harum masih belum bisa berjalan dengan baik. Hal itu dilihat dari masih banyaknya lokasi Sungai Citarum di sepanjang Desa Walahar yang dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS).
Kepala Desa walahar Sardi Anwar Surendra, berjanji akan menindaklanjutin oknum yang sudah mencemari sungai Citarum di sepanjang wilayahnya. Jika perlu siapapun yang membuang sampah harus diberikan sanksi yang sudah tertuang di dalam aturan. "Hukumannya bisa hukuman pidana. Sekalipun yang membuang sampah ke Citarum itu warga saya silahkan proses secara hukum," tegasnya.
Dia mengaku merasa malu dengan masih ditemukannya keberadaan lokasi tempat pembuangan sampah dekat sungai Citarum. Padahal dirinya sudah membuat tempat pembuangan sampah sementara yang dialokasikan di Dusun Walahar I tepatnya depan pabrik tanggo. "Saya sudah sering sampaikan kepada setiap kepala dusun ketua RT dan bahkan masyarakat saat minggon, tapi tetap saja masih ada yang membuang sampah sembarangan," terangnya.
Selain itu dengan adanya iuran sampah yang diambil dari setiap kepala rumah tangga setiap mingggunya juga masih belum bisa memberikan dampak yang baik. Buktinya masih ada masyarakat yang membuang sampah dimana saja. "Iuran-iuran buang sampah tetap sembarangan, jika ada kejadian saya sendiri yang malu padahal sudah dibuat Perdes tentang pengelolaan sampah," akunya.
Anehnya kata dia, kesadaran masyarakat sendiri dalam menjaga lingkungan yang bersih dari sampah masih rendah. Padahal jika program pemerintah kebersihan itu diterapkan bisa membawa kebaikan bagi semuanya. "Kalau bersih kan yang enak kita juga, jauh dari bahaya ancaman banjir sama penyakit," ucapnya.
Maka saat ini jika masyarakatnya yang tersangkut masalah pembuangan sampah di sungai Citarum, dirinya tidak akan memberikan pertolongan kepada mereka yang bersangkutan agar bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut. "Syukur-syukur bukan warga Walahar, jikapun memang warga kita saya tidak akan membantu, silahkan saja hukum biar jera," tegasnya.
Salah satu warga Desa Walahar, Rohmat (35) mengatakan, tidak pernah tahu pelaku yang membuang sampah ke sungai Citarum. Selama ini dirinya sudah menyerahkan semua masalah sampah ke pemerintahan desa. "Nggak tahu juga kalaupun memang masih ada tangkap aja biar kapok," ungkapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template