Praktik Kebidanan Komunitas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Praktik Kebidanan Komunitas

Praktik Kebidanan Komunitas

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 18.00.00

Mahasiswa Poltekes Kemenkes Dikirim ke Bungursari

KARAWANG, RAKA - Sebanyak 66 mahasiswa jalur umum tingkat III Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung, Prodi Studi Kebidanan Karawang di tempatkan di Desa Wanakerta, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta untuk mengikuti praktik kebidanan komunitas, mulai dari tanggal 23 April sampai 8 Mei 2018. Hal itu bertujuan untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa dalam melaksanakan praktik kebidanan dengan memperhatikan budaya di komunitas melalui pendidikan manajemen kebidanan.

Sekretaris Kaprodi Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung Prodi Kebidadanan Karawang Ns. Lia komalasari S.Kep.MM mengatakan, kebijakan mengenai penempatan bidan desa, perlu didukung dengan penyediaan bidan profesional secara utuh, tidak hanya kompeten dalam memberikan pelayanan klinis tapi juga diberikan kemampuan non klinis termasuk kemampuan leadership dan managerial. "Bidan harus mempunyai kemampuan sebagai penggerak pembangunan kesehatan. Khusunya di bidang kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana serta kesehatan bayi dan balita," paparnya.

Menurutnya, untuk mendukung upaya tersebut serta mengantisipasi tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi terutama berkaitan dengan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan, diperlukan suatu pola pendidikan di institusi kebidanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar menghasilkan bidan yang berkualitas. Dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional yang tinggi serta memiliki kemampuan managerial dan leadership. "Sesuai dengan kurikulum program pendidikan D III Kebidanan. Maka kuliah yang terkait adalah praktik kebidanan komunitas dengan kode mata kuliah Bd. 5.305. Mata kuliah ini adalah proses pendidikan dan pembelajarannya dilakukan dalam bentuk teori dan praktik. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari laboratorium di kelas dan lanjutkan dengan praktik. Dengan demikian, maka calon bidan akan mampu menjalani peran dan fungsi bidan sebagaimana mestinya," katanya.

Ia berpesan, kepada semua peserta praktik komunitas kebidanan untuk melakukan proses dengan maksimal serta harus menjaga nama baik lembaga. "Ilmu yang sudah didapatkan di kampus harus bisa diamalkan kepada masyarakat," pesannya.

Masih dikatannya, jika salah satu peserta didiknya melakukan kesalahan. Dia memohon dengan sangat, untuk memberikan teguran atau informasikan kepada pihak kampus. "Saya harap sih, pada kepala desa, camat, atau pihak rumah sakit Cibungursari Purwakarta untuk selalu ingatkan jika melakukan keselahan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wanakerta Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, H. Somad Muhammad mengaku, merasa terbantu dengan adanya para mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Prodi Kebidanan Karawang yang tengah melakukan praktik komunitas kebidanan di wiliyahnya. Karena dapat membantu dalam melayani pelayanan kesehatan. "Pastinya saya senang, adik-adik mahasiswa ini melakukan PKL di tempat kami, jadinya saya masyarakat saya merasa terbantu," akunya.(acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template