Petani Ciptamarga Kekurangan Modal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Ciptamarga Kekurangan Modal

Petani Ciptamarga Kekurangan Modal

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 April 2018 | 17.30.00

JAYAKERTA, RAKA- Kesulitan permodalan tak hanya dikeluhkan oleh masyarakat yang mempunyai usaha mikro, menjelang musim tanam, keluhan pun dirasakan oleh petani Desa Ciptamarga, Kecamatan Jayakerta yang mengalami kesulitan modal. Meskipun terdapat koperasi tani yang melayani, namun pinjaman tersebut dinilai tidak cukup untuk memenuhi jumlah petani yang berada di desa tersebut.

Menurut ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sri Asih, Desa Ciptamarga, Dede, yang menjadi kendala bagi petani adalah dari segi permodalan, ia mengakui pinjaman yang berasal dari koperasi tani sudah tidak cukup untuk memenuhi anggota gapoktan. “Yang dahulunya modalnya dari usaha ekonomi petani, tidak cukup untuk memenuhi jumlah petani yang saat ini lebih dari 200 anggota,” ujarnya.

Saat ini, untuk permodalan tanam padi membutuhkan dana yang cukup besar, jika kendala modal tersebut tidak bisa diatasi. Dirinya khawatir akan menghambat masa tanam para petani. Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karawang dapat membantu petani dalam segi permodalan. Karena jika para petani tidak tanam serentak, kemungkimnan besar bakal banyak diganggu hama.

Seperti yang di katakan Pengendali Organisme Pengganggu tumbuhan (POPT), Abdul Aziz, penyebaran hama yang terjadi pada musim tanam sebelumnya, karena tidak kompaknya para petani dalam bertanam  padi. Jadi hama yang hidup di batang tua padi akan berpindah ke pada batang padi yang baru. Karena hama akan mencari batang padi yang lebih muda. “Kalau petani menanamnya tidak kompak, khawatir kejadiannya seperti kemarin. Hama yang tumbuh di batang padi lebih tua akan pindah dan mencari batang padi yang lebih muda,” katanya.

Dirinya mengimbau, agar sebisa mungkin petani bisa berbarengan dalam menanam padi, jangan sampai kejadian seperti kemarin bisa terulang, karena sangat merugikan petani. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template