Perpustakaan RSUD Sering Dikunjungi Pasien - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perpustakaan RSUD Sering Dikunjungi Pasien

Perpustakaan RSUD Sering Dikunjungi Pasien

Written By Admin Raka on Jumat, 13 April 2018 | 19.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Buku adalah gudangnya ilmu, dan membaca kuncinya. Bahkan pepatah lama yang mengatakan buku temannya orang berilmu adalah benar karena membaca buku dapat memperkaya pengetahuan. Untuk itu, bagi pasien yang gemar membaca, RSUD menyediakan perpustakaan untuk pasien di lantai dua rumah sakit.
Hal itu diungkapkan pengelola Perpustakaan RSUD R. Siti Ratna Mulia, SKM di ruang perpustakaan, Kamis (12/4). Keberadaan perpustakaan, sebut Siti, sebagai standar rumah sakit berbasis pendidikan. Hanya kini kendalanya perpustakaan membutuhkan sarana penunjang seperti jaringan internet Wifi guna menarik minat baca pasien yang hingga kini masih sedikit sekali yang memanfaatkannya.
Siti sendiri tidak menampik masih sebagian besar pasien belum mengetahui keberadaan perpustakaan itu. Padahal petugas perpustakaan sudah banyak memberikan informasi baik secara dialog maupun kertas pemberitahuan yang disebar di ruang dan sudut rumah sakit. "Mesti tidak ramai tetapi ada saja pasien yang berkunjung ke perpustakaan.
Sebagian dari mereka ada yang memang hobi membaca dan ada juga yang sengaja datang untuk kepentingan penyelesaian tugas. Seperti mahasiswa di bidang kesehatan yang melaksanakan praktek kerja lapangan di RSUD ini," terangnya.
Untuk saat ini, lanjut Siti bahwa kondisi keadaan perpustakaan sudah semakin baik. Ruang yang tidak begitu sempit dan ketersediaan buku pun cukup banyak sehingga minat baca di perpustakaan bisa terus menggali. Dirinya pun menyampaikan, perpustakaan rumah sakit merupakan salah satu unit yang berperan serta membantu rumah sakit dalam mewujudkan visi dan misinya, yaitu memberikan layanan kesehatan fisik dan mental kepada pasien yang berobat.
"Peran perpustakaan rumah sakit secara otonom yaitu memberikan layanan informasi dan pendidikan kepada masyarakat dilingkungannya, termasuk juga pasien. Perpustakaan rumah sakit tidak hanya berperan dalam meningkatkan pengetahuan para dokter dan tenaga medis lainnya, melainkan juga berperan aktif dalam upaya penyembuhan pasien," terangnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template