Perekaman Jadi Bukti Hak Pilih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perekaman Jadi Bukti Hak Pilih

Perekaman Jadi Bukti Hak Pilih

Written By Admin Raka on Jumat, 20 April 2018 | 17.30.00

Bukan Cuma Suket Terdaftar yang Manual Juga Berlaku 

KARAWANG, RAKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang mendesak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar bergerak cepat melakukan perekaman Kartu Tanda Pendudukan Elektronik terhadap warga yang belum melakukan perekaman. 
"Daftar Pemilih Tetap itu kuncinya ada di pemilih yang harus ber KTP-el. Tetapi persoalaannya sampai saat ini belum semuanya punya," tandas Ketua Komisi Pemilihan Umum Riesza Affiat kepada Radar Karawang, Kamis (19/4). Riesza mengatakan itu dalam agenda rapat pleno daftar pemilih tetap Kabupaten Karawang terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di kantor KPU Karawang. 
Dikatakan Riesza, jika mengacu data yang dimiliki KPU sampai saat ini yang belum melakukan perekaman terdata mencapai 33 ribu lebih. Jumlah itu berdasarkan data lapangan hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan komisi tersebut. Tetapi informasi menyebutkan jumlah itu menyusut hingga tersisa 10 ribu lebih. "Berdasarkan data yang masuk jika mengacu kepada data base sudah ada yang masuk ke DPT dari yang sudah perekaman tetapi ada juga yang belum direkam," ujarnya.
Riesza menambahkan, dari proses pengerjaan yang dilakukan KPU memang mengalami kesulitan, namun pihaknya optimis jika dari yang belum terdaftar itu akan selamat sebagai pemilih. "Kita yakin data yang ada saat ini akan selamat dan memastikan sebagai pemilih," ujarnya.
Karena dari catpil yang telah mengeluarkan baik Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP el dan Suket manual itu ternyata keduanya berlaku saat dilakukannya pencoblosan. "Catpil saat mengeluarkan data suket itu sah menjadi pemilih, meskipun ketentuan perekaman belum bisa," ujarnya sambil menyebutkan jika dirinya optimis yang belum melakukan perekaman itu bisa terselamatkan pada hari pelaksanaan pencoblosan.
Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Panita Pengawas (Panwas) Kabupaten Karawang, Kurisn Kurniawan SE menyamapaikan, jika data yang terakhir diterimanya, warga karawang sampai saat ini yang belum melakukan perekaman mencapai 8.496 orang, dari hasil sebelumnya 33 ribu lebih. "Yang belum perekaman ada sebagian yang masuk data base DPT. Mesti begitu kita tetap berupaya terus mendorong KPU agar capil meningkatkan lagi pelayanan perekaman," ujarnya.
Kurniawan juga menambahkan jika hasil perekaman menjadi dasar pemilih menggunakan hak pilihnya di Pilgub mendatang. "Untuk yang punya Suket baik yang telah mendapatkan penunggalan maupun manual itu boleh digunakan, asal ada bukti jika yang bersangkutan telah melakukan perekaman," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template