Perajin Batok Kelapa Minta Bantuan Modal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , , » Perajin Batok Kelapa Minta Bantuan Modal

Perajin Batok Kelapa Minta Bantuan Modal

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 April 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Mempertahankan usaha kreatif itu lebih sulit daripada menggagas usaha baru. Kondisi itu dialami pelaku ekonomi kreatif, usaha kerajinan batok kelapa di Kampung Kobak Biru, Desa Karangmulya, Telukjambe Barat. Dengan keterbatasan modal saat ini dirinya pesimis usaha batik batok kelapa yang ditekuninya bisa bertahan lama.

"Kendala sekarang ini kami tidak memiliki modal. Padahal usaha kami ini potensial untuk maju dan berkembang," tandas Andi (54), perajin batik batok kelapa, Jumat (27/4). Andi mengaku respon pasar terhadap kerajian rumahan yang dilakukannya cukup besar. Sayangnya, sumber daya manusia yang dimilikipun masih terbatas, sehingga tidak bisa memproduksii dalam jumlah besar.

Sebenarnya, Andi bersama keluarga serius menekuni bisnis itu dengan harapan bisa dikenal dunia. Kendalanya, pemerintah daerah maupun pusat kurang responsif untuk menggencarkan promosi produk tersebut. Padahal kalau saja ada sedikit perhatian dari pemerintah dia optimis mampu mempekerjakan lebih dari dua orang pekerja. “Produk kami sudah tersebar dimana-mana, hingga luar pulau. Kami pun sudah berjuang untuk promosi melalui pameran-pameran. Sayangnya, itupun masih belum cukup," tandasnya.

Andi menginginkan promosi dirinya bisa dibantu pemerintah daerah sekalian menggenjot pertumbuhan produk lokal. Saat ini, diakui Andi dia hanya melayani pesanan souvenir untuk hajatan pernikahan dan acara serupa. Dengan pendapatan yang tidak terlalu besar, dia pun tetap mengiyakan permintaan konsumen. “Awalnya keluarga kami mengandalkan penghasilan dari bisnis itu, sekarang penjualan agak tersendat. Makanya saya putuskan tidak terlalu serius mengembangkan bisnis ini," ucapnya.

Ditambahkan Andi, ada dua macam kerajinan batik batok kelapa yakni yang menggunakan media dan tidak menggunakan. Kerajinan memakai media adalah kerajinan yang memanfaatkan batok kelapa hanya sekedar penghias dari barang kesenian setengah jadi. Contohnya batok kelapa yang digunakan untuk gayung adat, gantungan lampu, asbak, dan ornamen dekorasi lainnya.

Sedangkan kerajinan nonmedia adalah pemanfaatan pembuatan barang kerajinan dan sepenuhnya berasal dari batok kelapa. Seperti gantungan konci, patung-patung, serta panel-panel. "Keunggulan batok kelapa sebagai hiasan selain tekstur batoknya artistik juga kuat dan memiliki beragam warna dasar sesuai umur buah kelapa," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template