Penyandang Disabilitas Mengadu Nasib - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penyandang Disabilitas Mengadu Nasib

Penyandang Disabilitas Mengadu Nasib

Written By Angga Praditya on Jumat, 13 April 2018 | 13.00.00

Datangi Disporaparbud 

PURWAKARTA,RAKA- Penyandang disabilitas di Kabupaten Karawang meminta hak yang sama pada pemerintah untuk dibukakan akses berwirausaha dan lainnya. Untuk merealisasikan keinginannya tersebut, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Purwakarta, Rabu (11/4) mendatangi kantor Disporaparbud, di kawasan Sport Center Purwakarta.
Agus Kusnadi, Ketua PPDI Cabang Purwakarta merasa gembira dengan sikap pro aktif bidang kepemudaan terhadap eksistensi penyandang disabilitas. "Tentunya kami sangat berterimakasih atas apresiasi positif dari bidang kepemudaan. Bahkan kami diminta untuk mengirimkan 2 orang anggota PPDI pada kegiatan kewirausahaan tingkat propinsi minggu depan dan juga diundang untuk berpartisipasi dalam program pemilihan pemuda pelopor tingkat kabupaten," ujar Agus didampingi rekannya.
PPDI berharap, pemerintah daerah lebih memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas dengan melibatkan mereka dalam berbagai program pemberdayaan, pengembangan dan peningkatan kapasitas diri.  "Sejauh ini,  secara sporadis para penyandang cacat sudah banyak berkiprah dan meraih prestasi, diantaranya dalam bidang olahraga. Ke depan kami berharap dapat diberikan akses yang luas bagi pengembangan,  pemberdayaan dan peningkatan kapasitas diri sehingga kami pun bisa berkontribusi lebih tinggi bagi negeri," tegas Agus yang tercatat sebagai pegawai pada Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag Kabupaten Purwakarta.
Kabid Kepemudaan Disporaparbud Ahmad Arif Imamulhaq mengatakan, keberadaan para penyandang disabilitas tidak dapat diabaikan. Negara menjamin keberadaan para penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016. Kaum disabilitas memiliki hak yang sama dengan warga masyarakat lainnya bahkan negara mewajibkan berbagai fasilitas yang mesti disediakan oleh pemerintah maupun pemerintah daerah. Untuk memberikan layanan yang sama kepada penyandang disabilitas, bidang Kepemudaan Disporaparbud mengajak organisasi penyandang disabilitas agar dapat terlibat aktif dalam berbagai kegiatan kepemudaan. "Keberadaan penyandang disabilitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat kita yang mempunyai hak sama untuk dapat hidup dan berkembang secara adil dan bermartabat. Oleh karena itu, bidang Kepemudaan tidak ingin tertinggal dalam memberikan layanan kepada saudara-saudara kita dari penyandang disabilitas," tutur Ahmad.
Menurutnya, saat ini penyandang disabilitas masih dipandang sebelah mata. "Mungkin masih banyak stigma terhadap penyandang disabilitas, bahkan cenderung kita semua belum memberikan apresiasi yang selayaknya kepada mereka. Perlu merubah mindset masyarakat terhadap mereka disertai berbagai langkah nyata dalam memfasilitasi dan mengakomodasi para penyandang disabilitas," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template