Penting Pendidikan Akhlak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penting Pendidikan Akhlak

Penting Pendidikan Akhlak

Written By Admin Raka on Senin, 23 April 2018 | 18.15.00

CIAMPEL, RAKA - Sepintar apapun sisawa dalam mengenyam pendidikan tetap saja ada kekurangan jika tidak meiliki etika atau akhlak. Oleh karenanya, setiap guru hendaknya bisa mendidik muridnya agar memiliki akhlak yang baik.
"Pendidikan akhlak itu sangat penting. Karena itu menjadi pondasi kuat dalam menjalankan profesi apapun," ujar Imam Muttaqin, guru salah satu sekolah swasta di Kabupaten Karawang.
Menurutnya, kepintaran yang dimiliki oleh siswa akan sia-sia pada akhirnya jika tidak memiliki akhlak yang baik. Termasuk saat memasuki dunia kerja. Kerena orang yang merasa lebih pintar dari orang lain akan merasa sombong dan cenderung melawan terhadap orang yang ada di sekelilingnya. "Pada akhirnya akan menghalalkan segala cara untuk bisa meraih tujuan. Sesama teman bisa saling sikut. Bahkan bisa menikung pimpinan," bebernya.
Bukan berarti tidak boleh berpikiran kritis. Melainkan pemikiran kritis juga harus dibarengi dengan etika agar kritik yang dilakukan bisa berbuah kebaikan untuk pembangunan ke depannya. "Jadi yang dibutuhkan itu kritik yang membangun. Tentu dengan etika atau akhlak," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, kuri kulum yang dikembangkan di Indonesia dengan kurikulum 2013 secara isi sudah sangat baik. Bahkan jika guru bisa menerapkan dengan baik dalam proses kegiatan belajar mangajar (KBM) bahkan di luar KBM maka akan menghasilkan generasi yang bukan hanya pintar atau cerdas, bahkan bisa lebih menghargai lingkungan. "Ini yang disebut dengan istilah pendidikan karakter," ujarnya.
Tapi, tambah Imam, pendidikan karakter tidak akan bisa masuk ke dalam hati setiap siswa jika tidak ada pembiasaan. Dia mencontohkan, karena di negara tertentu ditanamkan antre, maka terbawa sampai kehidupan sehari-hari. "Dengan adanya budaya antre, Jepang bisa menjelma menjadi negara yang kuat. Itu persoalan kecil atau bahkan terlihat sepele, namun ternyata bisa membentuk pribadi manusia yang hebat," bebernya.
Oleh karenanya, berbagai hal pembiasaan yang bisa dilakukan di sekolah harus mulai serius digarap. Mulai pembiasaan berdoa, membaca alquran, membaca buku, sampai salat duha dan lain sebagainya. Kalau sudah berjalan lama dan mendarah daging, maka dengan sendirinya karakter siswa akan terbentuk. "Dan yang paling parah, masih banyak pola pengajaran yang mengedepankan kompetisi. Sehingga siswa diajarkan untuk saling sikut untuk bisa menjadi yang paling menonjol diantara yang lain," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template