Pemohon SKCK dari Kalangan Pelajar Membludak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemohon SKCK dari Kalangan Pelajar Membludak

Pemohon SKCK dari Kalangan Pelajar Membludak

Written By Admin Raka on Rabu, 18 April 2018 | 16.45.00

PURWASARI, RAKA - Usai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK Sederajat, para pelajar mulai memadati kantor kepolisian. Seperti yang terlihat di Polsek Purwasari, para pelajar yang baru ikut UNBK itu terlihat tengah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja atau melanjutkan pendidikannya ke janjang yang lebih tinggi.
"Memang udah banyak yang buat SKCK, soalnya udah pada ujian sekolah," ucap Renren Juliawati, salah satu petugas pelayanan SKCK Polsek Purwasari.
Tercatat kata dia, pelayanan yang dibuka dari pagi hingga sore itu mampu melayani lebih dari 40 orang pengajuan pembuatan SKCK. Meski belum dinyatakan lulus di sekolahnya namun sejumlah pelajar begitu antusias untuk membuat dokumen tersebut. "Selain keperluannya buat cari kerja SKCK juga ada yang buat kuliah, jadi lebih banyak," tuturnya.
Bukan hanya itu, kali ini justru dia harus lebih bersabar dalam melaksanakan pelayanan. Sebab, bagi mereka yang baru membuat SKCK terkadang lebih kritis dan mempertanyakan sesuatu dibandingkan dengan yang sudah pernah membuat surat tersebut. "Ribetnya kalau yang baru bikin, suka pada rewel kecuali yang mau perpanjang," ungkapnya.
Untungnya kata dia, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tersebut dibantu oleh salah satu pelajar yang tengah mendapatkan tugas prakerin di Polsek Purwasari. Maka ketika banyak yang membuat SKCK siswa prakerin itu bisa membantu. "Untung ada yang lagi prakerin jadi kebantu," akunya.
Salah satu pembuat SKCK, Rahmat (18), warga Dusun warungkebon, Desa Purwasari mengaku, bahwa pembuatan SKCK yang dilakukannya tersebut hanya untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. " Buat kuliah, sekarang soalnya udah harus pakai surat keterangan baik dari kepolisian," terangnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template