Pemilih Pemula Diberi Pemahaman Pemilu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilih Pemula Diberi Pemahaman Pemilu

Pemilih Pemula Diberi Pemahaman Pemilu

Written By Admin Raka on Rabu, 04 April 2018 | 16.15.00

CIKAMPEK, RAKA - Sebanyak 237 pemilih pemula yang berstatus pelajar di SMAN 3 Cikampek diberikan sosialisasi soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. Sosialisasi yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cikampek itu bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yang ditargetkan 75 persen.
Siswi kelas XII SMAN 3 Cikampek Rahma Putri menyampaikan, dengan adanya sosialisasi pemilu yang diadakan dilingkungan sekolahnya tersebut, menambah wawasannya terhadap pesta demokrasi yang akan digelar, terlebih Pilgub Jabar merupakan pertama kali bagi dirinya untuk menyalurkan hak suara. "Bagus banget, kita jadi tahu tentang pemilu juga, kita tahu pemilu digelar tanggal berapa. Pastinya, kita pun tahu satu hak pilih seseorang itu sangat berarti untuk menentukan pembanguan di Jawa Barat," ungkap Rahma, kepada Radar Karawang usai acara.
Menurutnya, sangat disayangkan jika hak dalam memilih dibuang secara percuma dengan bersikap golput. Bahkan, dirinya mengharamkan untuk tidak adanya politik uang dalam pemilu kali ini yang menjadi awal keikutsertaannya untuk menentukan pemimpin 5 tahun kedepan. "Kita juga udah tahu kalau Pemilu digelar 27 Juni, dan ada 4 calon. Selain itu, kita pun jadi tahu kalau misalnya dalam kampanye ada pembagian uang dimana untuk dipaksa memilih pasangan calon yang bukan sesuai hati nurani harus melapor kemana, jadi hak pilih kami tetap berdasarkan apa yang kami tentukan," jelasnya.
Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Cikampek Sobandi menyampaikan, dengan adanya sosialisasi jelang pemilu Jabar 2018 kali ini, diharapkan bisa menambah wawasan para siswanya. Karena hal tersebut merupakan kali pertama para siswa mendapatkan sosialisasi tersebut. "Ini anak kelas dua belas semua, totalnya 237 siswa dari jurusan IPA ada 4 kelas, IPS 2 kelas, mudah-mudahan ini bisa menjadikan bekal pengetahuan mereka ke depannya dalam menyukseskan pemilu di daerah ini, tanpa adanya tindakan golput, maupun politik uang," katanya.
Dilokasi yang sama, Agen Sosialisasi Pilgub Jabar 2018 Wasis Mulyana menambahkan, sosialiasi yang dilakukan PPK Cikampek, bertujuan agar Pilgub Jabar 2018 dapat tercapai target dengan tidak adanya hak pilih yang golput. Maka dari itu, agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih, disasarkan dikalangan pemilih pemula sekaligus memberikan wawasan terkait pemilu. "Target kami untuk pemilih pemula 75 persen tercapai tanpa adanya golput di wilayah Cikampek," ujarnya.
Melihat antusias ratusan pemilih pemula di kalangan pelajar dalam mengikuti sosialisasi tersebut, menurutnya, sangat berpotensi besar jika pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 di daerah ini memenuhi target. Terlebih sosialisasi terus dilakukan. "Kalau total sekolah SMA/SMK di Cikampek ada 6 sekolah, kita baru melakukan sosialisasi ke SMAN 2 Cikampek, SMAN 3 Cikampek, SMAN 1 Cikampek dan SMK Pakusarakan, untuk yang lainnya seperti SMKN 1 Cikampek, SMK Taman Siswa dan SMK Pamor nanti dihari berikutnya, sama diadakan sosialisasi jelang pemilu, untuk diberikan pemahaman wawasan para pemilih pemula," paparnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template