Pemegang Kartu Karawang Sehat Bisa Kemoterapi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemegang Kartu Karawang Sehat Bisa Kemoterapi

Pemegang Kartu Karawang Sehat Bisa Kemoterapi

Written By Admin Raka on Rabu, 11 April 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Setelah sempat disebut-sebut akan membuka layanan kemoterapi, akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang melaunching layanan tersebut. Hanya saja untuk saat ini masih terbatas melayani kangker kandungan saja yang baru bisa dilaksanakan secara langsung di RSUD Karawang.
Kasi Pengendalian Operasional Pelayanan RSUD Andi Senjaya menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Selasa (10/4). Dikatakannya, selama ini layanan itu memang banyak yang mempertanyakan karena tidak sedikit warga Karawang yang terpaksa ke luar Karawang untuk mengobati penyakit kankernya. "Kita sudah soft launcing pelayanan kemoterapi bagi pasien yang membutuhkannya saat ini," ujar Andi di ruang kerja.
Akan tetapi, ditambahkan Andi, untuk pelayanan itu sendiri belum semua penyakit kangker bisa dilayani. "Kita baru ada dua specialis objin konsultan onkologi saja," ucap Andi dan memyebutkan nama dokter kandungan dr. Rhabbi Chandra Hadiningrat SP.OG dan dr. Irwin yakni dua dokter yang menangani pengobatan kemoterapi di rumah sakit itu.
Sementara untuk jadwal pelayanan, kata Andi, RSUD buka setiap hari selama 24 jam, namun untuk pelayananya akan disesuaikan terlebih dahulu dengan dokter yang hanya ada dua itu. "Untuk dokter kandungan bisa langsung di RSUD tapi kalau spesialis kanker lainnya, kita harus lakukan protokoler dulu kepada rumah sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, apakah seketika ada pasien bisa langsung dilakukan di RSUD atau tidak," ujarnya.
Masih dikatakan Andi, kendala lainnya bagi masyarakat Karawang yang saat ini bisa melakukan pelayanan pengobatan kanker di RSUD Karawang juga, hanya bisa dilakukan dengan jaminan Karawang Sehat dan umum saja, belum bisa menggunakan jaminan BPJS. "Untuk pelayanan kita ada dua, ada yang rawat jalan ada juga rawat inap. Untuk pembiayaannyapun masih sebatas fasilitas jaminan Kartu Karawang Sehat dan umum saja dan belum bisa menggunakan BPJS. Kita sudah usulkan tahun lalu tapi MOUnya belum juga turun," katanya.
Masih dikatakan Andi, bahkan untuk sekali pelayanan saja warga Karawang harus mengeluarkan uang yang cukup besar sekali berobat. Paling minim Rp 500.000  hingga 2 juta rupiah, itu juga tergantung dari obat yang dipakai. "Sarana dan prasarana yang kita miliki sudah cukup lengkap, bahkan untuk obat-obatan pelayanan kemoterapi sudah siap dan sudah ada kerjasama dengan pihak penyedianya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template