Pembuat Kartu Kuning Sepi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembuat Kartu Kuning Sepi

Pembuat Kartu Kuning Sepi

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 April 2018 | 14.00.00

KLARI, RAKA - Mudahnya masyarakat untuk mendapatkan kartu kuning membuat pelayanan pembuatan kartu kuning di kantor kecamatan semakin berkurang. Pasalnya kini semua pembuatan kartu kuning bisa dibuat dimana saja seperti sekolah serta kedinasan.
Salah satu tenaga kerja Kecamatan Klari bagian pelayanan kartu kuning, Yati Suryati menjelaskan, bahwa setiap hari tidak lebih dari 10 orang yang membuat pelayanan kartu tersebut. Biasanya dulu, sebelum pemerintah menyediakan pembuatan di sekolah serta tempat lain, kantor kecamatan yang merupakan kantor pelayanan masyarakat selalu dipenuhi pembuatan kartu kuning. "Sekarang mah sepi soalnya sudah bisa dibuat dimana aja, paling banyak juga 10 dalam sehari," tuturnya.
Dia juga menjelaskan, kebanyakan yang membuat kartu kuning merupakan orang-orang yang mencari pekerjaan dan usianya di atas 20 tahu. Tak banyak para pelajar atau lulusan sekolah yang membuat kartu kuning di kecamatan. "Kalau pelajar kebanyakan mereka membuat di sekolah kolektifan soalnya sekarang kartu kuning sudah bisa dibuat di sekolah," akunya.
Untuk persyaratan pembuatan kartu kuning sendiri harus disertakan foto kopi ijazah atau bukti kelulusan, foto kopi KTP elektronik, foto kopi kartu keluarga (KK) serta pasfoto dengan ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar. Meski persyaratan sudah ditempelkan di depan kantor pelayanan, namun masih banyak masyarakat yang tidak memenuhi persyaratan sehingga bagi yang datang untuk membuat kartu kuning karena belum lengkap, maka diminta untuk melengkapi terlebih dahulu. "Ada aja yang masih lupa atau gak tahu persyaratanya apa aja, makanya ditempel di depan biar tahu," ucapnya.
Sementara salah satu masyarakat yang tengah melaksanakan pelayanan di kantor kecamatan, Nuraeni (21) warga Puri Kosambi 2, Desa Duren mengatakan, bahwa tidak ada yang dipersulit dalam mendapatkan pelayanan yang diberikan pihak kecamatan jika berbagai persyaratan sudah disediakan. "Kalau persyaratannya udah kumplit, nggak ribet ko, bagus juga bersih," ungkapnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template