Pasien Rawat Jalan Tidak Antre Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasien Rawat Jalan Tidak Antre Lagi

Pasien Rawat Jalan Tidak Antre Lagi

Written By Admin Raka on Senin, 02 April 2018 | 15.15.00

TELUKJAMBE, RAKA - Pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sudah banyak yang mendaftar lewat pendaftaran online. Masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke rumah sakit untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan layanan di poliklinik rawat jalan.
Hal itu diungkapian staf Informatika dan Teknologi RSUD Andi Senjayani, belum lama ini. Andi ditanya soal pelayanan secara online yang sudah diberlakukan rumah sakit itu terhadap pasien. Diakuinya, memang belum sepenuhnya layanan itu bisa diikuti akan tetapi dampak pelayanannya sudah bisa dirasakan langsung, terutama di loket-loket pendaftaran sudah banyak mengurangi panjangnya antrean, baik pendaftaran berobat maupun pengambilan obat. 
"Modalnya cuma koneksi internet maka pendaftaran berobat bisa dilakukan dimana saja secara online," ucap Andi. Masyarakat dapat melakukan registrasi online di link reservasi.rsud.co.id, pendaftar diminta untuk mengisi kolom seperti Nomor rekam medik, Nomor Induk Kependudukan, nomor Handphone yang aktif, tujuan Poliklinik, tanggal kunjungan dan cara pembayaran.
Selain itu, Andi juga mengungkapkan, registrasi online melengkapi pelayanan reservasi rawat jalan yang sudah ada sebelumnya yaitu reservasi lewat contact center. Pendaftaran melalui contact center dan online merupakan salah satu cara manajemen RSUD untuk mengurai antrean pendaftaran rawat jalan secara manual. "Biasanya antrean pasien berobat bisa berjam-jam, tetapi sekarang sudah berkurang jauh," ucapnya.
Tidak sampai disitu, Andi juga menambahkan reservasi online juga dapat mempercepat pelayanan dan mengurangi waktu tunggu pelayanan, dengan diberlakukannya reservasi online akan senagat membantu rekam medik dalam menyiapkan berkas sehingga waktu tunggu di poli bisa dipercepat. Meski demikian, layanan online tersebut baru dapat dilakukan oleh pasien yang sudah pernah berobat dan sudah memiliki nomor rekam medik. "Untuk pasien baru yang belum pernah mendaftar dan belum memiliki nomor rekam medik rawat jalan diharuskan daftar secara manual, karena saat ini RSUD Masih mengoptimalisasikan ke pasien lama," ucapnya.
Soal reservasi online mengurangi panjangnya antrean pendaftaran dan pengambilan obat di lingkungan RSUD, tidak disangkal petugas keamanan RSUD Karyadi Sunaryo. Antrean panjang dari pasien lama sudah jarang terlihat. Pasien yang sudah mendaftar dengan online akan sangat mudah dan lebih cepat mendapatkan pelayanan. Tata cara alur pendaftaran online bisa menggunakan akses internet dengan mengunjungi Website www.rsud.or.id atau reservasi.rsud.or.id. Reservasi online hanya bisa dilakukan untuk pasien yang sudah memiliki no rekam medis dan dilakukan paling lambat dua hari sebelum kedatangan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template