Panwascam Cikampek Baru Laporkan Dua Temuan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwascam Cikampek Baru Laporkan Dua Temuan

Panwascam Cikampek Baru Laporkan Dua Temuan

Written By Admin Raka on Kamis, 26 April 2018 | 13.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Selama menjalankan tugas dalam melakukan pengawasan tahapan pemilihan Gubernur Jawa Barat. Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cikampek sudah membuat dua laporan dugaan pelanggaran pemilu ke Panwaslu Kabupaten. Namun kedua laporan tersebut dinilai tidak memiliki bukti kuat sehingga tidak ditindaklanjuti ke ranah hukum.
"Selama ini kami sudah membuat dua laporan dugaan pelanggaran, pertama soal bupati Karawang, kedua soal kendaraan plat merah yang dibawa kampanye," beber Ketua Panwascam Cikampek Ismuhadi, kepada Radar Karawang, Rabu (25/4) kemarin.
Untuk bupati Karawang, saat ini menghadiri acara Deddy Mizwar yang diadakan di Istanakana Cikampek. Berdasarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri Nomor 270/729/OTDA Tahun 2018 yang diterbitkan tanggal 29 Januari 2018 perihal Penegasan Terkait Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang isinya cuti bagi kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah untuk melakukan kampanye bagi paslon Pilkada hanya diberikan dalam jangka waktu kampanye Pilkada. Izin cuti diberikan paling lama dua hari kerja dalam setiap minggu selama masa kampanye Pilkada. Sedangkan untuk hari libur adalah hari yang di luar ketentuan cuti kampanye Pilkada sehingga dapat digunakan untuk melakukan kampanye. "Karena waktu itu bupati di hari libur jadi tidak mesti izin cuti dari mendagri. Kemudian bupati juga tidak menggunakan fasilitas negara saat menghadiri acara itu. Maka tidak ditemukan pelanggaran hukum," ujarnya.
Sedangkan laporan yang kedua yang dibuat oleh Panwascam Cikampek ke Panwas Kabupaten adalah berkaitan dengan adanya kendaraan plat merah yang diduga milik salah satu pimpinan dewan Karawang. Untuk prosesnya sendiri ditindaklanjuti oleh Panwas Kabupaten, karena Panwascam hanya berkewajiban melaporkan kondisi lapangan. "Tapi info dari kabupaten, itu juga tidak kuat. Karena tidak terbukti dewan yang membawa mobil tersebut," jelasnya.
Meski demikian, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan secara ketat di wilayahnya agar pelaksanaan Pilgub Jabar benar-benar bisa berjalan dengan baik dan tidak ada yang melakukan pelanggaran. "Setiap ada acara apapun yang berkaitan dengan politik kami selalu melakukan pengawasan. Kalau ada dugaan pelanggaran langsung kami laporkan ke Panwas Kabupaten untuk ditindaklanjuti," bebernya.
Dia juga meyakini memiliki tim yang solid dan memiliki kemampuan yang mumpuni. Termasuk tim yang terdapat di tiap desa dalam hal ini PPL yang terus bergerilya melakukan pengawasan. "Kami Panwascam Cikampek, bersama para PPL terus bergerilya untuk melakukan pengawasan," pungkasnya.
Sementara Ketua Karangtaruna Cikampek Jayadi, meminta agar kinerja Panwascam tidak pandang bulu, sehingga saat ada temuan ataupun laporan dugaan pelanggaran harus segera dilaporkan ke panwas kabupaten agar bisa ditindaklanjuti secara hukum. "Kerjanya jangan pandang bulu yah, jangan pilih-pilih. Pokoknya kalau ada pelanggaran harus langsung ditindak," pintanya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template