Pahami Peran Wanita di Dunia Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pahami Peran Wanita di Dunia Kerja

Pahami Peran Wanita di Dunia Kerja

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 April 2018 | 10.15.00

KARAWANG, RAKA - Dalam rangka menyambut hari Kartini, tiga petugas Bank BJB memakai kebaya saat bertugas di kantor Samsat Karawang, Jumat (20/4). Sedangkan bertepatan dengan hari Kartini yang jatuh hari Sabtu (21/4), seluruh pegawai perempuan badan pendapatan daerah (Bapenda) akan mengenakan pakaian adat.
"Karena operasional bank itu hanya Senin hingga Jumat, jadi kita memakai kebayanya sekarang (kemarin) karena kalau hari Sabtu petugas bank BJB yang masuk hanya yang piket saja," jelas salah satu petugas kasir, Devi Putri Ismayantri.
Tiap tahun bank BJB selalu merayakan hari Kartini dengan memakai pakaian adat terutama untuk pegawai wanita. Mengingat Kartini adalah sosok yang sangat penting dan berpengaruh untuk kaum wanita di Indonesia.
Masih dijelaskan Devi, di tempat kerjanya antara laki-laki dan perempuan sudah diberi porsi yang sama tanpa membedakan gender. Kini wanita sudah diberi kebebasan untuk bekerja beda dengan dahulu. Sebelum adanya emansipasi, masih banyak wanita yang sulit untuk bekerja. "Selama saya bekerja, tidak pernah ada yang membeda-bedakan gender. Contoh kecilnya untuk jaminan kesehatan, baik laki-laki maupun perempuan diberi porsi yang sama," jelasnya.
Walaupun sudah bekeluarga, Devi mengaku tetap ingin bekerja, karena dengan bekerja bisa menambah wawasan dan bisa berpikir secara terbuka. "Karena ibu yang cerdas akan lebih mudah dalam mendidik anak," katanya.
Petugas Jasa Raharja, Mike Puspitasari juga merasa dunia kerja untuk wanita tidak selamanya berdampak buruk. Bahkan kasus pelecehan seksual dalam dunia kerja tidak akan ada jika bisa memposisikan diri dengan benar. "Cara berbaur dan berkomunikasi perempuan itu beda dengan laki-laki. Jangan karena adanya emansipasi jadi bisa seenaknya seperti laki-laki. Kita sebagai perempuan juga harus tau kodratnya masing-masing dan harus bisa memposisikan diri dengan benar dan bergaul dengan baik," beber Mike.
Masih dijelaskan Mike, perempuan juga butuh bekerja. Karena tidak selamanya perempuan bergantung kepada laki-laki. Kaum perempuan juga harus bisa mandiri dan independen. "Setiap orang patut mendapatkan hak yang sama, baik dalam dunia kerja maupun lainnya," pungkasnya.(mg1)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template