Nginap di Sekolah Agar tak Telat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nginap di Sekolah Agar tak Telat

Nginap di Sekolah Agar tak Telat

Written By Admin Raka on Selasa, 10 April 2018 | 11.00.00

Ujian Siswa di Pelosok

PURWAKARTA,RAKA- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMAN) 1 Sukasari, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta mulai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, Senin (9/4).  Sebagai sekolah yang terletak di wilayah kecamatan paling ujung Purwakarta dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang dan Cianjur, terdapat sejumlah kendala dalam pelaksanaan UNBK.
"Ya,sudah bukan rahasia lagi, daerah kami susah sinyal. Makanya, kami khawatir kalau sinyal terputus saat anak-anak sedang UNBK," kata Kepala Sekolah (kepsek) SMAN 1 Sukasari, Ahmad Riva'i.
Selain sinyal, Ahmad mengaku, kendala mati listrik juga menjadi kekhawatiran sendiri baginya. "Selain sinyal, memang kami khawatir juga terjadinya mati lampu," ucapnya.
Meski demikian, pihaknya sudah menyiapkan solusi terkait kedua kendala tersebut. Untuk masalah sinyal, dia sengaja menyiapkan dua modem dengan provider yang berbeda. "Jadi kita siapin dua modem. Kalau sinyal yang satu jelek atau terputus, maka kami ganti dengan modem yang satu lagi," ujarnya.
Untuk masalah listrik, pihaknya telah menyiapkan genset berkekuatan 3.000 watt. "Ya insya Allah, gak ada gangguan apa-apa. Seperti tahun lalu, UNBK di SMAN 1 Sukasari berjalan dengan lancar dan sukses," harapanya.
Tak hanya itu, Rivai mengatakan seperti tahun sebelumnya, untuk mensukseskan UNBK tahun ini, sejumlah pelajar sekolahnya pun sengaja menginap di ruang kelas sekolah dan rumah ketua komite sekolah. "Dari 63 pelajar, ada 20 yang menginap di sekolah maupun rumah ketua komite sekolah sejak Minggu (8/4) malam, yang letaknya tak jauh dari sekolah," katanya.
Ahmad menjelaskan 20 pelajar tersebut terpaksa menginap untuk menghindari keterlambatan dalam melaksanakan UNBK yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB. "Rumah mereka jauh dan harus menggunakan perahu untuk ke sekolah. Takutnya pas mau berangkat ada cuaca buruk dan sebagainya, jadi dari pada terlambat mending nginep saja," jelasnya.
Sementara itu, salah satu pelajar yang menginap bernama Saripah (16) tahun mengaku dirinya merasa lebih tenang mengikuti UNBK."Kalau harus berangkat dari rumah. Saya takut pas kondisi cuaca buruk, saya gak bisa berangkat ke sekolah," ungkapnya.
Diketahui, 63 orang siswa kelas XII di SMAN 1 Sukasari mengikuti UNBK dalam tiga sesi berbeda dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB selama empat hari. Untuk hari ini, para pelajar mengerjakan soal UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template