MTs Sirojul Ath-Fal Masih UN Tulis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » MTs Sirojul Ath-Fal Masih UN Tulis

MTs Sirojul Ath-Fal Masih UN Tulis

Written By Admin Raka on Selasa, 24 April 2018 | 13.15.00

PANGKALAN, RAKA - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sirojul Ath-Fal Pangkalan sampai saat ini masih melaksanakan ujian nasional (UN) berbasis kertas. Padahal hampir keseluruhan sekolah sekarang ini sudah menggunakan komputer.
Kepala sekolah MTs Sirojul Ath-Fal Jaja komara. Spd. I mengatakan, ketidakadaan anggaran dan fasilitas pendukung belajar membuat sekolahnya sampai sekarang masih menggunakan tes tulis untuk Ujian Nasional. "Kita akui sarana dan prasarana kita memang belum siap, apalagi keberadaan laboratorium komputer itu masih sesuatu yang sangat jarang, namun hal itu tidak menyurutkan anak-anak didik kami untuk belajar dengan maksimal," ujar Jaja, Senin (23/4)
Dikatakannya siswa yang mengikuti ujian nasional semua berjumlah 26 siswa dan terbagi dari 15 siswa perempuan dan 11 Siswa laki - laki. "Kami adakan ujian dengan cukup sederhana terlebih sekolah kami tidak miliki fasilitas yang sangat luar biasa. Saya sangat berharap setelah sekolah kami pindah nanti, mudah-mudahan nanti bisa mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), tapi segala keterbatasan itu justru selama ini menjadi pemacu bagi anak didik kami untuk terus berprestasi," tambahnya.
Dikatakannya beberapa persiapan sudah dilakukan pihak sekolah untuk mempersiapkan anak didik lebih siap. Seperti persiapan try out rutin sebulan sebelum pelaksanaan UN baik yang dilakukan oleh sekolah maupun kelompok belajar. "Kami juga mengadakan zikir bersama dan berdoa untuk saling menguatkan antara siswa yang mengikuti ujian dengan guru dan orang tua murid, selain itu adapula penambahan jam belajar bagi siswa," lanjut Jaja.
Sementara itu, Novia (15) siswi Kelas IX MTs Sirojul Ath-Fal mengaku optimis bisa lulus Ujian Nasional meski dalam beberapa soal mengalami sedikit kesulitan. "Soal-soal ujian tadi ada yang cukup sulit juga, tapi kebanyakan sudah pernah dipelajari sebelumnya. Hanya karena ini UN tadi sempat agak tegang juga," ujar Novia.
Novia mengaku sudah mengikuti pendalaman materi yang diadakan pihak sekolah selama kurun waktu tiga bulan terakhir. Sehingga dirinya hampir bisa mengerjakan seluruh soal yang ada. "Kita tetap semangat untuk ujiannya, meski memang belum pakai komputer ujiannya tapi intinya kami juga melewati ujian yang sama dengan teman-teman yang lain. Paling penting dari kitanya jujur atau tidak mengerjakan soal," tambahnya.
Sedangkan Siti Aisah Basirah (15) siswi Kelas IX, ia juga mengaku saat mengerjakan soal ujian agak kesulitan mengatur waktu untuk mengerjakan soal. "Saya terpaku dengan soal yang sulit. Padahal seharusnya soal-soal yang mudah terlebih dahulu yang saya kerjakan, apalagi UN itukan salah satu komponen penentu kita lulus atau tidak," kata Siti.
Ia mengaku belum berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke bangku tingkat SMA atau SMK dan masih menimbang hal itu terlebih dahulu dengan orang tuanya. "Saya sebenarnya ingin melanjutkan ke SMA saja, tapi kita lihat saja nanti kalau SMK kan nantinya bisa langsung kerja," tuturnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template