Masyarakat Belum Dilibatkan Tingkatkan Minat Baca - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masyarakat Belum Dilibatkan Tingkatkan Minat Baca

Masyarakat Belum Dilibatkan Tingkatkan Minat Baca

Written By Admin Raka on Kamis, 19 April 2018 | 13.45.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Pemerintah Daerah perlu melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan minat membaca. Termasuk melakukan sosialisasi dan meluncurkan program-program yang dapat motivasi kesadaran akan pentingnya membaca
"Sebenarnya sudah banyak cara yang ditempuh pemerintah dan masyarakat untuk membangkitkan kembali minat membaca. Baik melalui program infrastruktur berupa pembangunan perpustakaan daerah maupun membuat program perpustakaan keliling. Tetapi sayangnya antusiasme masyarakat masih sangat kurang untuk mengunjungi perpustakaan tersebut," ucap Qotrun, baru-baru ini.
Bahkan saat ini perpustakaan keliling sudah jarang dioperasikan disebabkan kurangnya minat membaca dari masyarakat sehingga hanya dioperasikan ke sekolah-sekolah. Itupun hanya beberapa sekolah yang sekiranya mempunyai banyak minat pembacanya. "Dukungan infrastruktur saja tidak cukup untuk mengatasi kurangnya minat membaca, apalagi konsistensi pemerintah atas program-program yang dijalankannya masih kurang," terangnya.
Hal ini bisa saja disebabkan karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat serta program tersebut belum bisa menarik perhatian masyarakat. Karenanya,
pemerintah mestinya dapat mengambil peran sebagai role model yang akan memotivasi masyarakat. Jadi, sebelum mengadakan program berupa infrastruktur, pemerintah seharusnya menempuh cara untuk memotivasi dan mncontohkan kepada masyarakat terlebih dahulu tentang pentingnya membaca.
Secara terpisah Kepala Seksi Kependudukan Kecamatan Telukjambe Barat, Ocang SE tidak menampik jika perpustakaan keliling yang diistilahkan sebagai motor pintar di wilayahnya sudah tidak berfungsi. Padahal sebelumnya motor itu membawa ratusan buku berbagai macam judul yang dibutuhkan bukan saja anak sekolah tetapi juga masyarakat.
"Setiap hari motor pintar berkeliling mendatangi warga dan anak usia pra sekolah. Bahkan tidak sebatas anak sekolah motor pintar juga menjangkau pondok-pondok pesantren dan majelis taklim.  "Bukan cuma anak sekolah saja yang menjadi target motor pintar tetapi juga ibu-ibu majelis taklim dan santri di pondok pesantren," katanya.
Dikatakan Ocang, motor pintar menjadi perlengkapan kecamatan untuk mencerdaskan masyarakat di wilayahnya. Setiap kecamatan memiliki satu motor pintar. Sementara untuk mobil kelilinga hanya ada di perpustakaan kabupaten. "Saat ini jumlah mobil keliling baru ada lima unit. Sama dengan motor, setiap harinya mobil ini selalu keliling ke setiap kecamatan," ucap Ocang. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template