Masih Offline, Siskeudes Dikritik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masih Offline, Siskeudes Dikritik

Masih Offline, Siskeudes Dikritik

Written By Admin Raka on Selasa, 17 April 2018 | 18.15.00

CIAMPEL, RAKA - Di tahun 2018 ini pemerintah daerah Karawang menargetkan sistem keuangan desa (Siskeudes) 100 % bisa direalisasikan. Namun di Kabupaten Karawang masih dilakukan dengan cara offline, sehingga banyak yang menilai kondisi tersebut memberikan celah bagi pihak terkait untuk memperbaiki laporan keuangan jika ada kesalahan bahkan pelanggaran.
"Kalau masih offline, tetap saja masih ada celah untuk perbaikan saat ada kesalahan atau bahkan pelanggaran," kata akademisi STIE Budi Pertiwi Karawang, Ahmad Hadibrata, kepada Radar Karawang, Senin (16/4).
Dia menyampaikan sebanranya diluncurkannya aplikasi tata kelola keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ini sebenarnya untuk bisa menyamakan persepsi mulai dari penyusunan anggaran sampai realisasi bahkan laporan pertangungjwaban. "Harusnya dionlinekan, agar prosesnya juga bisa lebih cepat," katanya.
Lain dari itu dia juga menyampaikan, degan diberlakukannya siskeudes, menjadi tumpang tindih juga dengan program yang sebelumnya diberlakukan oleh pihak DPMD. Bahkan sampai adanya alokasi anggaran belasan juta rupiah dari setiap desa untuk membeli semacam administrasi desa. "program administrasi desa yang sempat ramai juga terus saat ini bagaimana nasibnya," tanyanya.
Sementara Kasi Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Karawang Andry Irawan, menyampaikan dasar dari siskeudes adalah Permendagri Nomor 113. Dia juga mengaku optimis tahun 2018 ini semua desa sudah menggunakan aplikasi siskeudes. "Karena jika ada desa yang belum siskeudes, anggarannya tidak bisa dicairkan," bebernya.
Dia juga mengakui siskeudes saat ini masih bersifat offline, meski demikian pihaknya menargetan beberapa tahun ke depan, siskeudes bersifat online. Sehingga bisa lebih mudah lagi dalam memantau perkembangan proses penganggran sampai tahap realisasi dan SPJ di setiap desa. "Tapi meski offline, pihak desa bisa mengirimkan datanya via email atau WA. Kami (DPMD) sudah menyiapkan petugas," bebernya.
Sementara Camat Ciampel Agus Sugiono mengaku tidak ada persoalan dengan diberlakukannya siskeudes bagi desa-desa yang ada di Ciapel. Bahkan program atau aplikasi apapun yang bisa mempermudah kinerja pemerintahan akan selalu diikuti oleh pemerintahan desa. "Alhamdulillah, semuanya (semua desa di Ciampel) sudah Siskeudes," ucap Agus kepada Radar Karawang melalui sambungan teleponnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template