Lima Titik Rawan Kecelakaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lima Titik Rawan Kecelakaan

Lima Titik Rawan Kecelakaan

Written By Admin Raka on Kamis, 19 April 2018 | 11.00.00

Pengguna Jalan Diminta Waspada

PURWAKARTA,RAKA- Para pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat diimbau mewaspadai saat melintasi beberapa jalur di wilayah Purwakarta. Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Purwakarta mencatat sedikitnya ada lima titik rawan kecelakaan di wilayah Purwakarta.
Lima titik yang harus diwaspadai tiga di antaranya berada di dalam kota, yaitu Jalan Raya Sadang -Bungursari, Sadang - Cibatu dan Ciganea arah ke Sukatani, sementara selebihnya di Jalan Tol Cipali KM 76 - 81 jalur A arah Jakarta - Cirebon serta Jalan Tol Cipularang KM 95 -90 jalur B arah Bandung - Jakarta. "Kecelakaan kerap terjadi didua jalan tol itu pukul 24.00-06.00 WIB, sementara dalam kota sekitar pukul 18.00-24.00 WIB,” ujar Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro, melalui Kanit laka IPDA Agus Kuswara SH, Rabu (18/4).
Ia menjelaskan, tiga jalur dalam kota yang kerap terjadi kecelakaan disebabkan karena setiap harinya padat oleh kendaraan. Sementara di jalur Ciganea- Sukatani selain dipadati kendaraan bermuatan berat kondisi badan jalan juga bergelombang. Sehingga tak jarang pengendara motor alami kecelakaan. "Kalau di jalan tol marak pengemudi hilang kendali atau mengantuk saat mengendarai kendaraannya," kata dia.
Dia mengimbau kepada para pengendara, untuk mewaspadai lima titik rawan kecelakaan tersebut. Apalagi saat arus mudik atau balik lebaran yang akan berlangsung tidak lama lagi. "Keselamatan paling utama, jadi berhati-hatilah saat berkendara," ujarnya.
Imbauan dari pihak kepolisian tersebut, tersebut bukan tanpa alasan, sebab jumlah kasus lalu lintas di Purwakarta selama 2018 alami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tercatat dari hasil hasil analisa dan evaluasi Operasi Keselamatan Lodaya 2018 yang digelar pada bulan sebelumnya, yaitu sejumlah kasus lalu lintas baik pelanggaran maupun kecelakaan telah mengalami peningkatan cukup tajam. "Ada sekitar 4.832 pelanggaran untuk tilang pada Operasi Keselamatan Lodaya 2018, sementara Operasi Simpatik 2017 hanya 2.366 pelanggaran, dan terjadi peningkatan sekitar 104%. Sementara untuk teguran ada 8.753 dan naik sekitar 24.63% dibanding 2017," Kata Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro belum lama ini.
Selain itu, lanjut dia, Untuk kasus kecelakaan pada Operasi Keselamatan Lodaya 2018 mengalami penurunan sekitar 50%, namun untuk korban meninggal dunia mengalami kenaikan sekitar 75%, luka berat naik 200% serta luka ringan naik 100%. "Bahwa peningkatan kasus pada bagian lalu lintas ini terutama pada kecelakaan secara kasus menurun, namun untuk korban mengalami peningkatan ini diakibatkan dari sarana prasarana jalan, sementara untuk menekan pelanggaran kami akan melakukan penindakan secara spesifik baik terhadap pengendara kendaraan roda 4 agar lebih aman dan nyaman gunakan seat belt, serta bagi roda 2 dengan menyalakan lampu utama di siang hari serta penggunaan helm,"pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template