Laporkan Kasus Kekerasan Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Laporkan Kasus Kekerasan Anak

Laporkan Kasus Kekerasan Anak

Written By Admin Raka on Rabu, 11 April 2018 | 15.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bekerjasama dengan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan Motivator Ketahanan Rumah Tangga (Motekar) dibekali wawasan pencegahan kekerasan perempuan dan anak.
Pembekalan berlangsung Selasa (10/4) di Gedung Olahraga Wanita (GOW) Karawang itu merupakan upaya pemerintah daerah untuk meminimalkan kasus-kasus kekerasan terhadap anak. Kegiatan yang melibatkan sekitar 100 peserta itu dibuka langsung Kepala Dinas DP3A Drs. H. Abdul Ajiz dan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak H. Sutanto.
Dikatakan Ajiz, kasus kekerasan terhadap anak banyak terjadi, namun karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan kasus tersebut lantaran  dianggap aib, maka terkesan kasus ini hanya sedikit terjadi. Padahal anak korban kekerasan harus mendapat perhatian serius, baik dari keluarga maupun pemerintah. Tidak hanya untuk memulihkan kondisi traumatik tetapi juga agar mereka tidak berubah menjadi pelaku di kemudian hari. "Saya berharap peran dua wadah mitra kita, Motekar dan Pekka bisa sinergis dengan pemerintah agar ada peran yang nyata untuk  bisa menekan angka kekerasan perempuan dan anak di wilayah Kabupaten Karawang, dan saya optimis semua bisa terwujud," ucap Kadis DP3A H.Abdul Azis.
Ketika disinggung bagaimana pencegahannya bisa berjalan efektif, dikatakan angka kekerasan bisa di tekan dengan nyata yaitu semua stakeholder ikut berperan aktif. Dirinya pun menegaskan untuk menekan angka kekerasan terhadap anak bukan saja menjadi tanggung jawab satu pihak, namun diperlukan keterlibatan semua pihak baik keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat untuk bersama sama memberikan perlindungan dan perhatian besar terhadap anak anak. "Pekka juga Motekar pun bisa berperan aktif, ini semuanya mesti ikut berperan agar ada kepedulian sehingga Kabupaten Karawang bisa menjadi zona aman bagi perempuan dan anak-anak, " ucapnya.
Sementara peserta pembekalan,  Mozza (39) dari Pekka mengungkapkan, perlindungan perempuan dan anak adalah upaya yang ditujukan untuk melindungi perempuan dan anak memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan mencapai kesetaraan gender. "Kesetaraan gender diartikan sebagai kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesamaan dalam menikmati hasil-hasil dan berharap Kabupaten Karawang menjadi zona aman bagi perempuan dan anak sehingga bisa menikmati pembangunan," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template