Kursi Sekretaris Panwascam Kosong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kursi Sekretaris Panwascam Kosong

Kursi Sekretaris Panwascam Kosong

Written By Admin Raka on Selasa, 10 April 2018 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Rotasi dan mutasi pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Karawang sejak Februari lalu, menyisakan persoalan baru di lingkungan penyelenggara pemilihan umum seperti kesekretariatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), termasuk panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam).
Sejumlah PNS kecamatan yang sebelumnya masuk barisan sekretariat panwascam, pindah ke kecamatan lain tanpa pergantian. Akibatnya sejumlah laporan pelanggaran pemilihan gubernur (pilgub) secara administrasi terancam tak tercatat, karena pejabat baru bukan bagian dari sekretariat panwaslu.
Sekretaris PK Golkar Lemahabang Jalal mengatakan, pihaknya menyesalkan masih tidak rapihnya kesekretariatan panwascam dari formasi PNS setelah rotasi-mutasi PNS sejak Februari lalu. Di Lemahabang saja misalnya, kesekretariatan panwas dijabat Kasie Trantib lama bernama Asep Vivar yang sudah berpindah tempat ke kantor Satpol PP Kabupaten Karawang. Namun sampai saat ini, belum ada pergantian kesekretariaran walaupun kasie trantib baru sudah terisi. Hanya saja kewenangannya terbatas, sebab tugas dan fungsi kesekretariatan panwas masih dijabat trantib lama sebagaimana SK.
Akibatnya, laporan dan penindakan akan terhambat jika trantib baru tidak diberikan wewenang sebagaimana yang diemban trantib sebelumnya. Di sisi lain, trantib lama yang bertugas di kantor Satpol PP sudah sibuk dengan tugasnya, sehingga tidak bisa banyak mengcover sekretariat panwas di kecamatan. "Jangan terhambat, bagaimana kalau laporan tapi MP-nya ini masih belum punya wewenang lebih di sekretariat panwas, kan kasihan juga. Tugas disini tapi operasional ke MP lama," katanya.
Sementara itu, Kasie Trantib Lemahabang Indra Kelana mengatakan, pihaknya menerima laporan soal pelanggaran pilgub, namun tindakan belum bisa dilakukannya karena dirinya bukan bagian dari kesekretariatan panwascam. Sebab, sampai saat ini wewenang itu masih dipegang trantib lama, karena dirinya belum miliki SK atau legalitas lainnya sebagai sekretariat panwascam. Di sisi lain, dalam rapat-rapat juga, trantib lama diakuinya sudah jarang hadir. "Wewenang kita terbatas, karena saya MP baru di Lemahabang. Soal panwas ya masih MP lama, walaupun sudah rotasi ke kabupaten," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template