Kursi Dapil 1 Berkurang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kursi Dapil 1 Berkurang

Kursi Dapil 1 Berkurang

Written By Angga Praditya on Senin, 09 April 2018 | 11.00.00

Jumlah Daerah Pemilihan Tetap 6 

PURWAKARTA,RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta memastikan jumlah daerah pemilihan (Dapil) pada pemilu legislatif (Pileg) 2019 untuk Kabupaten Purwakarta tetap 6. KPU sendiri telah menetapkan Keputusan KPU RI Nomor: 275/PL.01.3- Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota dalam Pemilu Tahun 2019.
Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana mengatakan, jumlah dapil hasil keputusan KPU pusat sudah sesuai dengan usulan dari Purwakarta. "Pemetaan dapil di Kabupaten Purwakarta telah ditetapkan oleh KPU RI yakni 6 dapil. Hal tersebut sesuai dengan 3 usulan KPU Kabupaten Purwakarta dari hasil uji publik dengan seluruh pimpinan partai politik dan stake holder," tutur Ramlan, Sabtu (7/4) lalu.
Menurutnya, ada beberapa prinsip bagi KPU untuk menetapkan dapil pada Pileg 2019 nanti. Prinsip proporsionalitas, jumlah kursi tiap dapil memenuhi perbedaan kursi dalam jumlah wajar dalam arti tidak menunjukan kesenjangan yang terlalu besar satu sama lain.
Diteruskannya, integritas wilayah secara geografis setiap dapil berada dalam cakupan kecamatan-kecamatan yang berdekatan satu sama lain bahkan linear. Berada dalam cakupan yang sama, yakni kecamatan-kecamatan yang ada dalam dapil Purwakarta berada di dapil Provinsi Jawa Barat yaitu dapil X. Kesetaraan nilai kursi, tambahnya, yakni 20.282. Kesinambungan dengan dapil pada pemilu sebelumnya, yakni 6 dapil, bahkan sama dengan dapil sebelumnya,  hanya secara alami mengalami pengurangan kursi di dapil 1 yang asalnya 9 kursi berubah menjadi 8 kursi dan di dapil 2 asalnya 8 kursi berubah menjadi 9 kursi. "6 dapil yang sudah ditetapkan telah memenuhi 7 prinsip penataan dapil tadi," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template