KPUD Genjot Sosialisasi Pilgub - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPUD Genjot Sosialisasi Pilgub

KPUD Genjot Sosialisasi Pilgub

Written By Admin Raka on Selasa, 24 April 2018 | 14.45.00

TEMPURAN, RAKA - Agen sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) terus menyasar sejumlah pemilih pemula di sekolah-sekolah, selain majelis taklim dan pemerintah desa. Disamping memberikan pemahaman partisipasi pemilih, mereka juga dengan detail menjelaskan tahapan dan syarat menjadi seorang pemilih.
Agen sosialisasi Pilgub Kecamatan Tempuran Dede Suryani mengatakan, momen memberikan sosialisasi kepada masyarakat selalu ia genjot agar partisipasi pemilih meningkat. Baik ke majelis taklim, Perayaan hari besar Islam, maupun ke sekolah-sekolah sebagai komunitas pemilih pemula. Agenda ini akan terus dilakukan melalui roadshow sampai menjelang hari H pelaksanaannya.
Sebagai agen sosialisasi sangat terbebani jika partisipasi pemilih di wilayah kecamatannya rendah. Untuk itu masyarakat harus tahu bahwa 27 Juni mendatang adalah hajat Pilkada yang di ikuti 4 Paslon gubernur, berikut tata cara memilihnya juga harus ikuti aturan sebagaimana regulasi PKPU tentang hak pemilih. "Setiap momen kita selalu sosialisasikan, walaupun pada dasarnya itu merupakan tanggung jawab bersama untuk mensukseskan Pilkada ini," katanya.
Agen asal Desa Lemahsubur ini menambahkan, setiap kecamatan dijatah 2-3 agen sosialisasi, dan yang paling mengesankan dan aktif komunikasi adalah dengan para pemilih pemula di sekolah-sekolah, pihaknya sambung Dede sudah datangi SMAN 1 Tempuran, SMK Taruna Karya dan SMK Fathonul Burhan untuk sasar pemilih pemula dalam Pilkada ini diberikan pemahamannya, sambil bagi-bagi diproses.
Para siswa yang genap berusia 17 tahun ini semakin penasaran untuk menjadi pemilih yang aktif dan tidak golput, mulai pengenalan Paslon, tahapan dan syarat sebagai pemilih. Karenanya, menjawab setiap pertanyaan, pihaknya tidak sendiri, sebab terus di dampingi oleh para anggota PPK kecamatan Tempuran, sehingga publikasi dan sosialisasi ini menjadi sangat cair dankomunikatif. "Didampingi PPK, kita tidak canggung memberikan sosialisasi ke pemilih pemula, hasilnya memang cair dan komunikatif," katanya.
Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Tempuran, Endra Wahyudi S.pd mengatakan, pihaknya mengapresiasi sosialisasi dari penyelenggara pemilu, mulai PPK, Panwas dan termasuk para agennya. Baginya, pemilih Pemula itu penting keterlibatannya agar menghindari Golput, sebab potensi pemilih pemula ini cukup signifikan. Sehingga, dengan penjelasan detail yang dipaparkan, setidaknya bisa menambah wawasan Pilgub sebagai pemilih yang baik, minimalnya harus berjalan KTP El jika sudah masuk usia 17 tahun, atau sekurang-kurangnya memiliki Surat Keterangan (Suket), diharapkan dengan sosialisasi ini, semakin tergugah partisipasi para pemilih pemula ini. "Sangat bagus mendatangi sekolah, ini soal hak pilih jadi kita sangat welcome apalagi untuk pemahaman para siswa," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template