Komunika Sindir Pemerintah Daerah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Komunika Sindir Pemerintah Daerah

Komunika Sindir Pemerintah Daerah

Written By Admin Raka on Senin, 23 April 2018 | 16.15.00

Seniman Karawang Minta Diperhatikan 

KARAWANG, RAKA - Meskipun tidak diperhatikan Pemerintah Daerah Karawag namun dalam waktu dekat ini seniman yang tergabung dalam Komunitas Senirupawan Karawang (Komunika) akan menghadiri pagelaran karya seni di Galeri Nasional Bekasi dalam waktu dekat ini.
Ketua Komunika Bambang Dewanto kepada Radar Karawang, minggu (22/4) mengatakan itu. Bahkan ditambahkannya saat ini senirupawan Karawang telah memperlihatkan eksistensinya di dunia seni rupa nasional. "Semakin kesini dari 1986 seniman Karawang kian menunjukan eksistensinya. Malah sekarang seniman di Karawang ini sudah memiliki wadah meski masih didasari kemandirian tanpa adanya bantuan dari pemerintah," ungkap Bambang. 
Dikatakan Bambang, diawal muncul Komunika sebelumnya diberi nama Himpunan senirupa Karawang. Namun seiring waktu dan perubahan zaman pada 2012 lalu terbentuk Komunika dengan harapan disetiap tahun bisa selalu bertambah anggotanya. "Kita hanya mewadahi dan menghimpun seniman Karawang terutama senirupa patung, seni kria, seni lukis, seni sket dan mahar penganten," ujarnya.
Dikatakan Bambang juga, malah setiap hari minggu Komunika hadir di Taman I Love Karawang. Selain ingin menunjukan karya Komunika juga menginginkan jika para seniman muda tersentuh masuk menjadi anggota Komunika. "Awal berdiri hanya 15 sampai 20 orang saja, saat ini keanggotaan kita telah mencapai 80 seniman termasuk anak-anak sekolah," katanya.
Keberadaan Komunika sendiri, lanjut Bambang, hanya menginginkan mewadahi para seniman Karawang untuk bersama-sama berbagi pelajaran menyalurkan bakat dan kemampuan menyalurkan hobi. "Disini kita didasari kemandirian. Peduli tidaknya pemerintah tidak dipersoalkan. Kami tidak mau kecewa, jadi kita mandiri syukur-syukur dapat respon pemerintah dan masyarakat. Kalau tidak ya tidak apa-apa," ujarnya.
Wakil Ketua Komunika Wawas Sastra Atmaja menambahkan animo masyarakat saat ini terhadap seni sudah cukup baik. Karena Komunika siap membantu masyarakat yang ingin bergabung dalam wadah seni rupa. "Kita siap mewadahi generasi muda Karawang. Alhamdulillah kamis ini juga kita telah di undang oleh geleri Nasional," katanya.
Dilanjutkan Wawas, sekarang ini kesekretariatan Komunika berada di Komplek Dipo RT 02 RW 23 Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Dari markas besarnya itu Komunika ingin meningkatkan pembelajaran terhadap seni dan tidak terbatas dalam satu titik, apapun keseniannya dirinya menginginkan untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan. "Kita memang jarang pameran, paling ada dua tahun sekali, namun secara komunitas kita sudah masuk dalam komunitas pelukis Indonesia. Beragam lombapun kita selalu ikuti," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template