Koleksi Galeri Wayang Nusantara Komplet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koleksi Galeri Wayang Nusantara Komplet

Koleksi Galeri Wayang Nusantara Komplet

Written By Angga Praditya on Senin, 09 April 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Bagi masyarakat yang ingin berliburan sekaligus mencari pengetahuan tentang pewayangan se-nusantara, tak ada salahnya jika mengunjungi Galeri Wayang yang berlokasi di Komplek Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.
Betapa tidak, sesuai namanya, beragam koleksi wayang dari berbagai wilayah di nusantara dapat dijumpai di galeri ini. Sebut saja Wayang Cepak dari Cirebon, Wayang Santri yang dikembangkan oleh Ki Entus dari Tegal, Wayang Betawi dari Jakarta, hingga Wayang Klithik dari Surabaya. Ada pula Wayang Kulit Babad Cirebon, Wayang Bambu dan Wayang Suket.
Selain melihat koleksi wayang nusantara, para pengunjung juga dapat mengetahui berbagai sejarah dan informasi lainnya terkait wayang tersebut. Namun, yang paling istimewa, para pengunjung juga akan dibuat takjub dengan tata letak, interior dan layout galeri tersebut. Misalnya ada sebuah pohon buatan di mana di sekeliling batang pohonnya yang berukuran besar terdapat ratusan topeng wayang. Ada pula partisi berbahan khusus yang didesain sedemikan rupa sehingga menghasilkan relief berupa ornamen yang indah.
Yang juga tak kalah istimewa, di salah satu sudut galeri pengunjung dapat melihat secara langsung keahlian perajin wayang golek asal Purwakarta, Abah Djani, saat membuat  wayang golek. Sementara di sisi lainnya adapula Abah Udju yang piawai membuat suling bambu dan berbagai kerajinan berbahan dasar kayu. "Membuat wayang golek itu tidak bisa diburu-buru, butuh ketelitian superekstra. Ditambah lagi kan saya juga harus memberikan penjelasan kepada setiap tamu yang datang ke Galeri Wayang terkait sejarah wayang golek di sela saya bekerja," kata Abah Djani saat diajak berbincang, belum lama ini.
Sementara salah seorang pengunjung, Arditya Pramono (25), mengaku takjub dengan keindahan Galeri Wayang. “Indah, bernilai seni tinggi, dan sangat mempesona. Jalan-jalan di Purwakarta memang tidak pernah membosankan. Saya selalu dibuat takjub," ujar warga Kota Bandung ini.
Sekedar diketahui, Galeri Wayang buka mulai Selasa hingga Ahad dan memiliki jam operasional mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template