Kendala UNBK Hari Pertama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kendala UNBK Hari Pertama

Kendala UNBK Hari Pertama

Written By Angga Praditya on Selasa, 03 April 2018 | 15.30.00

Siswa Telat sampai Gangguan Teknis

Kesadaran siswa dalam mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan secara serentak tahun ini ternyata tergolong rendah. Tengok saja beberapa siswa peserta ujian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Industri Mandiri Senin (02/04) pagi kemarin, di hari pertama UNBK, masih ada siswa yang terlambat masuk dan main ke luar kota. Untungnya siswa yang terlambat masuk ujian sesi pertama masih bisa mengikuti pelaksanaan ujian sesi kedua.
Salah satu guru bagian kurikulum di SMK Industri Mandiri Kosambi, Siti Robiyatul Uyun, S.Pd menjelaskan, ada dua peserta didiknya yang hampir tidak bisa mengikuti pelaksanaan UNBK di sekolah. Bayangkan saja kata dia, pada sesi pertama ujian dimulai, ada siswa yang tidak masuk. Kaget dengan ketidak hadiran siswanya ke sekolah, pihak sekolah pun menjemput siswa tersebut ke rumahnya dan bertanya kedua orangtuanya. "Di sesi pertam ada anak TSM yang tidak masuk, kita susul aja ke rumahnya," jelasnya.
Parahnya saat ditemui di kedimannya, kedua orangtuanya pun tidak mengetahui keberadaan anak tersebut. Bahkan sebagai bukti salah satu orangtuanya mendatangi langsung ke sekolah untuk memastikan kebardaan anaknya itu. "Iya ini sama orangtuanya, si bapaknya juga tidak tahu," ungkapnya.
Untungnya menjelang pelaksanaan UNBK sesi kedua, salah satu anak yang tengah dicari keberadaanya itu mendadak mendatangi sekolah dengan mengenakan seragam sekolah. Parahnya saat ditanya siswa tersebut mengaku tidak ada niatan untuk tidak mengikuti ujian. Alasanya tidak bisa mengukuti sesi pertama karena pada saat malam menjelang pagi ia pergi ke Bekasi menjemput temannya yang mengalami mogok kendaraan. "Tidak bisa masuk pagi karena takut ada polisi motornya bodong, jadi dia nunggu siang dulu di Bekasi, berangkatnya semalam pulang-pulang siang," terangnya.
Tak hanya disitu, ketegangan pihak sekolah dalam pelaksanaa UNBK dihari pertama terus berlanjut, baru saja bisa bernapas lega karena siswanya yang hilang baru datang. Sontak tiba-tiba saat dilakukan absensi ada satu siswa lainnya di sesi kedua yang belum datang karena terlambat. "Baru selesai yang laki-laki gantian anak akuntansi siswi belum datang, tapi alhamdulikah sudah ada kabar katanya lagi di jalan (jelang sesi dua)," akunya.
Orangtua siswa, Muslih yang tengah duduk berbincang dengan salah satu guru di sekolah menerangkan, bahwa dari semalam anaknya yang akan mengikuti ujian tersebut mendadak hilang membawa sepeda motor tanpa memberikan kabar. Sempat kaget dengan kedatangan guru ke rumah. Ayah dari siswa tersebut memilih menunggu di sekolah anaknya datang. "Semalem jam 3 bawa motor, nggak tahu juga mau kemana, tadi bilangnya bantuin temannya di Bekasi motornya mogok, mau pulang pagi takut kena tilang polisi karena motornya bodong," jelasnya.
Sementara menurut proktyor UNBK SMK Industri Mandiri, Calim Hermawan,S.Pd menjelaskan, selain keterlambatan siswa berbagai kendala juga dialami sekolah seperti beberapa peserta ujian yang mengalami log out secara mendadak saat dimulai pelaksanaan ujian. Kendala tersebut kata dia, disebabkan adanya gangguan jaringan serta kendala kabel serta salah ketik yang dilakukan oleh siswa. Sehingga beberapa siswa mengalami kesulitan saat masuk ujian pertama. "Ada kendala juga saat pelaksanaan, beberapa siswa mendadak log out dari komputernya, untungnya masih bisa diperbaiki dengan cepat," terangnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template