Kenaikan Harga Sembako Belum Signifikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kenaikan Harga Sembako Belum Signifikan

Kenaikan Harga Sembako Belum Signifikan

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 16.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Jelang bulan Ramadan, harga sembako maupun bumbu masakan telah mengalami kenaikan harga. Meski begitu, kenaikan harganya dirasa belum terlalu signifikan dan masih dianggap wajar.

Pedagang sayur di Pasar Rebo Purwakarta, Zaelani Karim (42) mengatakan, kenaikan harga sayur yang dijualnya masih normal. "Jengkol, bawang merah dan kol putih, yang mengalami kenaikan cukup tinggi dibandingkan yang lain," katanya, Sabtu (28/4) lalu.

Ia menjelaskan, jengkol mengalami kenaikan sekitar Rp10 ribu, atau 30 sampai 40 persen. Bawang merah yang memiliki kualitas bagus, di kiosnya dijual seharga Rp32 ribu dari harga sebelumnya Rp24 ribu perkilogram. Kol putih, dijual Rp5 ribu, namun kini harganya mencapai Rp8 ribu. Menurut Zaelani, harga sayur dan bumbu dapur lainnya, mengalami kenaikan sekitar 5 sampai 10 persen saja. "Malah kalau cabai, mengalami turun harga dari bulan sebelumnya. Tapi masih di atas harga biasanya," ujarnya.

Pedagang yang telah berjualan lebih dari tiga tahun itu mengatakan, faktor cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu faktor naiknya harga. Namun, kenaikan harga sembako maupun sayur mayur menjelang bulan Ramadan dianggap telah menjadi tradisi. Hampir setiap tahun, beberapa bulan menjelang bulan suci Ramadan, harga berbagai kebutuhan masyarakat akan merangkak naik. Oleh karena itu, kenaikan harga pun dikeluhkan oleh sebagian warga, khususnya masyarakat Purwakarta. Seperti halnya yang dikatakan oleh Tika Rochmatika (27). Dirinya mengaku keberatan jika harga sembako mengalami kenaikan. "Ya, ngeberatin sih. Tapi mau gimana lagi, kebutuhan mah, harus dibeli," kata Tika, usai berbelanja di salah satu kios di Pasar Rebo.

Ia pun berharap, agar harga bisa kembali stabil dan tidak memberatkan masyarakat kecil. Terutama saat menjelang bulan suci Ramadan, keinginan tidak ada harga sembako maupun kebutuhan lainnya yang naik. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template