Kelulusan Siswa Diwarnai Perdebatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelulusan Siswa Diwarnai Perdebatan

Kelulusan Siswa Diwarnai Perdebatan

Written By Admin Raka on Senin, 30 April 2018 | 11.15.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sebanyak 136 siswa SMK Indonesia Mas di Wisuda dalam sidang dewan guru terbuka di halaman Kantor Camat Cilamaya Wetan, akhir pekan (28/4) kemarin. Sebelum dinyatakan lulus sempat berlangsung perdebatan sengit para guru dan wali kelas dihadapan orangtua/wali murid, sampai akhirnya para siswa di empat kompetensi keahlian tersebut dinyatakan lulus 100 persen.

Ketua pelaksana wisuda siswa SMK Indonesia Mas angkatan ke 5, Ayip Saepudin SE, mengatakan, dengan berakhirnya masa UNBK dan sejumlah ujian lainnya, sudah menjadi program bahwa kelas XII harus di lepas. Tapi ingat sebut Ayip, kelulusan dan Wisuda itu bukan akhir segalanya, tapi merupakan awal dari perjalanan yang jauh.

Pihak sekolah, sebut Ayip, hanya memfasilitasi kegiatan pelepasan ini secara sederhana, namun khidmat dan dihadiri semua elemen dewan guru hingga yayasan, bahkan lebih jauhnya, kreatifitas dan keseniannya ditampilkan dihadapan semua orang tua/wali. Ia berharap, dengan kegiatan wisuda ini, para siswa bisa berkesan dan mengingat selalu almamater tempatnya menimba ilmu selama 5 tahun terakhir. "Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama semua pihak, baik sekolah, yayasan maupun orangtua wali murid," katanya.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMK Indonesia Mas, H Aming Abdullah mengatakan, selain kreatifitas pihaknya juga gelar sidang guru terbuka, sebab paska UNBK, meskipun kelulusannya baru di umumkan antara 2-3 Mei, namun yang mengeksekusi anak layak lulus atau tidak adalah para dewan guru dan wali kelasnya. Karenanya, dengan wisuda dan sidang terbuka ini, para guru berargumentasi langsung kaitan anak-anak yang layak lulus dan yang tidak berikut jejak rekamnya selama menimba ilmu di SMK Indonesia Mas. Meskipun cukup menegangkan, karena disaksikan langsung para orangtuanya, namun semua dewan guru menyatakan sepakat bahwa 136 siswa SMK Indonesia Mas angkatan 5 ini lulus 100 persen.

Dari hal itu sambung Aming, bisa difahami dan dimengerti bagi siswa, betapa sulitnya para guru menilai dan mengerjakan hasil nilai para siswa, baik UKK, Ujian Praktek maupun nilai hariannya, namun semua guru masih berbaik hati bisa meloloskan para siswa jadi alumni secara resmi. "Karena sidang terbuka, kita berikan kesempatan para guru mempertimbangkan soal nilai dan kelulusan siswa," ucapnya.

Kepala SMK Indonesia Mas Mulyadi Rusmanto SE, M.Si mengatakan, Sekolah ini baru berdiri pada tanggal 14 Februari 2012, usia SMK ini menjadi SMK paling Bontot khususnya di Cilamaya, meski demikian ia sampaikan bahwa SMK yang sudah meluluskan 5 Angkatan ini tidak kalah dengan SMK lainnya. Baik dari sisi prestasi akademik maupun non akademik, bahkan bisa mengikutsertakan para siswa diantaranya bekerja dan kuliah di Malaysia dan Jepang.

Karena, bagi SMK Indonesia Mas, prestasi adalah tradisi sebab yang dikejar pihaknya bukan berpangku pada kuantitas, melainkan kualitas dan skill para siswa dan lulusannya bisa handal, sebab guru-gurunya juga handal dengan kemampuan kompetensi yang bisa diperhitungkan, seperti Kaprodi Komputer Jaringan misalnya, guru SMK Indonesia Mas ini adalah ahli IT yang bahkan saat ini sudah membina 18 sekolah di Karawang dari kompetensi keahlian teknologinya. "Sepanjang lulusan ini melepas 5 Angkatan, menurut pengamatan kami, sudah sebanyak 75 persen sudah terserap di dunia kerja, selebihnya kuliah," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template