Kades Ngotot Minta Honor Dinaikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Ngotot Minta Honor Dinaikan

Kades Ngotot Minta Honor Dinaikan

Written By Angga Praditya on Senin, 16 April 2018 | 17.00.00

KUTAWALUYA, RAKA- Keinginan kepala desa (Kades) untuk menambah honornya kembali digaungkan, bernaung dalam Barisan Kepala Desa Karawang (Baladewa), masing-masing kades disertai perangkatnya dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang, siap melancarkan aksi demo menuju Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang agar aspirasinya bisa dikabulkan.Honor kades di Kabupaten Karawang yang hanya Rp 3 juta dinilai masih kurang, dan tidak memanusiakan kades, justru besaran honornya malah di bawah seorang karyawan swasta di perusahaan.
Ketua Baladewa, Endang Amd,komp, mengatakan, menjelang aksi yang akan datang, dirinya sudah mempersiapkan massa sekitar 9000 orang untuk menggeruduk pemda. Menurutnya, keseluruhan massa merupakan kades dan perangkatnya yang ingin honornya bisa dinaikan.
Adapun gelontoran dana yang cukup besar dari pemerintah melalui ADD dan DD bukan milik kades, karena kucuran dana tersebut merupakan tugas wajib yang harus dilaksanakan untuk mememuhi kebutuhan masyarakat dan menjalankan roda pemerintah dari pusat. Dan justru banyak kades yang tergelincir dan berurusan dengan hukum akibat salah penyalahgunaan dana tersebut. Artinya, kades hanya bertumpu kepada honor yang saat ini dinilai belum cukup. "Maka dari itu, kita ingin honor kepala desa bisa naik," ucapnya.
Bisa dibuktikan dan meninjau ke lapangan langsung, lanjut dia, honor perangkat desa terutama honor RT, RW yang sangat minim, dan honor staf desa yang masih ada di bawah Upah Minimun Karawang (UMK). Dirinya mengaku telah malayangkan surat kepada pihak kepolisian sebagai bukti keseriusan aksinya tersebut, dan hingga saat ini telah mengakomodir 153 desa se-Kabupaten Karawang dari 297 desa.
Sekretatis Baladewa, H Johansyah, menambahkan, setelah melalui jalur koordinasi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang, pihaknya siap menyampaikan aspirasi atas kenaikan besaran honor kades se-Kabupaten Karawang yang saat ini dinilai masih minim dan di bawah UMK. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template