Jatuh Bangun Ngurus Yayasan Yatim Piatu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jatuh Bangun Ngurus Yayasan Yatim Piatu

Jatuh Bangun Ngurus Yayasan Yatim Piatu

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 April 2018 | 10.00.00

JATISARI, RAKA - Berawal dari senang mengurusi anak kecil, Dra.Hj Titin Nurmala,M.Pd malah ketagihan hingga mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Panti Asuhan Al Arief yang beralamat di Jalan Raya Jatisari No 181 Desa Mekarsari. Meski banyak cerita suka duka dalam mengurus yayasan tersebut, namun hingka kini yayasan yatim piatu itu tetap bisa kokoh.
"Awalnya karena seneng ngurus anak kecil aja, jadi dulu itu di rumah banyak anak-anak yatim dan piatu atau anak yang kurang mampu ke rumah kita kasih makan dan kita ajarin ngaji dan belajar, eh malah kesininya mereka nginep dan terus menerus sampe suami berinisiatif buka yayasan panti," beber Titin, kepada Radar Karawang, Jumat (20/4).
Dari situlah, tamah Titin, ada banyak keanehan ketika mulai fokus mengurusi anak yatim piatu. Salah satu yang paling tidak rasional adalah ada uang secara tiba-tiba masuk ke rekening bank nya, kejadian tersebut tidak satu kali bahkan berkali-kali dengan jumlah yang berbeda-beda. Selain itu ada juga tiba-tiba di depan rumah ada makanan yang cukup untuk diberikan kepada anak asuhnya. "Mungkin ini keberkahan dari doa para anak yatim selama ini yang diurus," ungkapnya.
Ia bersama almarhum suaminya sebenernya tidak sengaja mendirikan yayasan yatim piatu. Di tahun 1986 ada sekitar 11 anak-anak yang keadaan ekonominya lemah dan ada yang yatim piatu. Karena almarhum suami seneng ngurus anak-anak kecil sampai disekolahkan bahkan mereka juga makannya ditanggung, sehingga pada tahun 1992 dia bersama suami membeli rumah untuk dijadikan lembaga pendidikan. "Beli rumah kakak saya dan itu dijadikan lembaga DTA, DTQ dan TPA ini untuk anak panti," ucapnya.
Singkat cerita, sempat dirinya merasa tidak sanggup untuk mengurusi yayasan panti asuhan tersebut seorang diri karena jumlah anak terus bertambah. Namun ada dukungan dari berbagai pihak sehingga keberadaan yayasan masih berdiri hingga saat ini. "Kalau sekarang ada 150 anak di yayasan ini, mulai dari umur 4 tahun sampai 16 tahun yang kami urusi," ucapnya.
Titin yang merupakan Ketua Lembaga Pembinaan dan pengembangan Keluarga Sakinah (LPPKS BKPRMI) Kabupaten Karawang yang membina Paud Quran atau Taman Asuh Anak Muslin ini, melanjutkan, untuk bantuan pemerintah selama ini masih terbilang kurang. Karena, kebutuhan anak yang berada di yayasannya tidak cukup dengan apa yang diberikan pemerintah. "Dari pemerintah sih ada 100 ribu perbulan, dari masyarakat juga ada meski tidak banyak, ya kebanyakan dari uang pribadi, meskipun ada donatur tapi ini masih jauh dari kata cukup. Karena untuk kebutuhan makan dan jajan anak-anak masih terbilang kurang," ujarnya.
Namun, dirinya selalu yakin dan optimis, jika melakukan suatu pekerjaan maupun tugas dengan bersungguh-sungguh, maka akan ada jalan keluar yang lebih baik bahkan tidak bisa diperkirakan oleh pemikiran manusia. Alhasil, kini dari tangan lembutnya tersebut tidak hanya mampu mencetak siswa berwawasan baik, namun mampu mencetak generasi yang memiliki akhlak. "Iya ada yang udah jadi sarjana beberapa orang, prinsip kita satu, semasa kecil kalian hidup dengan serba kekurangan besar kelak, kalian harus berkecukupan serta memiliki ilmu yang bermanfaat. Karena prinsip hidup saya bekerjalah kamu tentu Allah akan memperhitungkan. Jika selesai pekerjaan yang satu maka barulah kerjakan yang lain," paparnya.
Maka wajar, tambah Titin, keberadaan yayasan tersebut mampu bertahan hingga puluhan tahun dengan jumlah anak yang terus bertambah, hal ini tidak hanya membuat respon positif masyarakat serta pemerintah setempat. Namun, membuat keluarga besarnya percaya dan mendukung penuh terhadap yayasan tersebut. "Keluarga mendukung banget, masyarakat dan pemerintah juga respon perhatiannya ada, banyak hikmah dan mukjizatnya ketika kita mau menyibukan diri dengan mengurusi anak yatim dan piatu, dan saya ucapkan terimakasih kepada bupati dan wakil bupati yang selama ini sudah peduli ke kami," ucapnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template