Jangan Ada Jarak Guru dengan Murid - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jangan Ada Jarak Guru dengan Murid

Jangan Ada Jarak Guru dengan Murid

Written By Admin Raka on Rabu, 18 April 2018 | 15.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Pernah menjadi siswa dan faham betul keinginan siswa, membuat Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Inayah Kertamukti, Rizki Hakiki, lebih sering menghabiskan waktu luangnya di mamfaatkan untuk berkomumikasi lebih intens dengan siswa. Karena menurutnya, siswa akan lebih terbuka dan tidak merasa canggung terhadap guru atau Kepala Sekolahnya jika di berikan ruang untuk berdiskusi ataupun hanya sekedar ngobrol bareng.
"Saya tidak ingin ada sekat dengan siswa, karena siswa juga membutuhkan bimbingan langsung dengan kepseknya, minimal memghargai mereka demgan cara melihat ketika mereka latihan ekskul," ucapnya, kepada Radar Karawang saat mendampingi siswanya di sekolah.
Ikut serta dan menjaga saat lomba, lanjut dia, merupakan sebuah motivasi yang bisa membangkitkan semangat siswa. Karena secara tidak langsung, mereka akan terasa terdorong dan lebih merasa diperhatikan. "Kalau cuma ke sekolah hanya di dalam kantor, siang udah pulang, pura-pira sibuk, ah bukan dunia saya. Mencoba untuk terjun langsung, hidup bersama mereka, biar kita sebagai guru tahu apa yang mereka inginkan," katanya.
Karena, dirinya pernah mengalami menjadi seorang siswa di sekolah. Selain tahu batasan antara siswa dan guru, tentunya etika juga harus tetap dijaga. Karena seorang murid akan tetap berada di bawah seorang guru. Namun, jika dengan guru yang jutek atau cuek, dirinya mengaku terasa asing. Lain halnya dengam guru yang lebih akrab demgan siswa, sebatas di tanya saja sudah menjadi semangat. "Kenapa saya lebih terbuka kepada siswa saat ini, karena aaya juga pernah menjadi seorang siswa. Jadi, kalau guru jutek rasanya asing, tapi cuma ditanya saja jadi semangat," ungkapnya.
Tidak sulit, kata dia, cara menghargai siswa dengan selalu memperhatikan latihan dan ikut serta dalam perlombaannya akan membuat mereka lebih termotivasi. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template