Jalan Cibiuk Diintai Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Cibiuk Diintai Longsor

Jalan Cibiuk Diintai Longsor

Written By Angga Praditya on Selasa, 03 April 2018 | 14.45.00

PANGKALAN, RAKA - Masyarakat Dusun Cibiuk, Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan berharap pemerintah daerah memperbaiki jalan rusak di wilayah mereka. Selama ini, selain rawan longsor, jalan yang menjadi akses penting itu jadi penghambat aktifitas warga. 
"Jalan ini sudah rusak hampir 5 tahun tapi sampai sekarang belum ada perbaikan. Padahal kami amat mengandalkan jalan ini untuk meningkatkan tarap perekonomian kami," tandas Wakas (43) warga Dusun Cibiuk, Senin (2/4). Kerusakan jalan, terang Wakas, memang dikarenakan kontur tanahnya tidak stabil lantaran menggunakan bahu Sungai Cibiuk.
Sekarang ini kondisi jalannya berbatu-batu karena aspalnya sudah lama terkelupas bahkan nyaris tidak terlihat lagi bekas-bekas aspalnya saking lamanya terkelupas. Bahkan kini posisi jalan dengan lebar 4 meter itu sudah bergelombang-gelombang dan amblas hampir merata disepanjang jalan. "Bukan cuma kerusakan amat parah tetapi kondisinya juga rawan longsor," ucapnya.
Sementara Sofiah (29) ibu rumah tangga juga warga Dusun Cibiuk malah mengaku ada rasa cemas jika suaminya pulang malam hari. Minimnya penerangan jalan pun menjadi persoalan bagi para istri di dusun itu. Apalagi kalau kebetulan suaminya kerja ship malam, rasa cemas suaminya akan terperosok ke sungai membuat tidur jadi tidak nyaman. Apalagi belum ini, terang Sofiah, ada warga yang terjatuh akibat jalan yang rusak dan itu terjadi malam hari. "saya kadang merasa khawatir kalau giliran kerja malam. Sudah penerangan jalannya minim kondisi jalannya juga membahayakan. Makanya warga disini berharap, pemerintah bisa perbaiki jalan rusak itu," tegas Sopiah.
Kepala Dusun Cibiuk H. Yadih (52) terkait itu mengatakan jika persoalan jalan rusak itu pembahasannya sudah memasuki tahap akhir, malah sudah diajukan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa Tamanmekar. Yadih menyebutkan anggaran jalan yang diajukan sebesar Rp 116 juta. Sedang pembangunannya direncanakan tahun ini juga. "Dalam waktu dekat ini jalan akan diperbaiki.
Ketika ditanya kenapa bisa lambat dalam pengajuan perbaikan jalan, Yadih mengatakan perubahan jalan yang dulu menggunakan lahan hak pribadi kini dipergunakan sehingga beberapa kali pengajuan jalan urung di realisasikan, karena khawatir ada gugatan. Warga akhirnya sepakat menggunakan bahu jalan untuk jalan utama ke dusun Cibiuk. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template