Inspektorat Periksa Desa Jatiwangi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Inspektorat Periksa Desa Jatiwangi

Inspektorat Periksa Desa Jatiwangi

Written By Angga Praditya on Selasa, 17 April 2018 | 13.15.00

Hasilnya Tidak Langsung Disampaikan

JATISARI, RAKA - Penggunaan anggaran Desa Jatiwangi, Kecamatan Jatisari diperiksa inspektorat. Namun disayangkan, hasil dari pemeriksaan tersebut tidak langsung disampaikan oleh pihak inspektorat pada waktu itu juga.
"Memang biasanya temuan terdapat dalam bidang pengarsipan dan dokumentasi. Harus benar-benar akurat antara fisik dengan SPJ, jadi untuk temuan nanti pas sesampainya di kantor akan ada rapat dari tim kami untuk hasilnya seperti apa," ujar Khotib Muwahid, Wakil Penanggung Jawab pada Irban I Tim Inspektorat Kabupaten Karawang, Senin (16/4).
Adapun anggaran yang diperiksa tersebut diantaranya meliputi penggunaan dan pengelolaan administrasi keuangan, mulai dari Dana Desa, Dana Bagi Hasil (DBH), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Alokasi Dana Desa dan lain sebagainya. "Untuk di Desa Jatiwangi ini pemeriksaan reguler, materi pokoknya kaitan dengan masalah Dana Desa tahun berjalan dan tahun sebelumnya, begitu juga dengan anggaran lain yang masuk ke desa. Sebenarnya kami sifatnya pembinaan," terangnya.
Menurur Khotib, pemeriksaan Inspektorat saat ini lebih bermakna pada evaluasi serta pembinaan saja. Sehingga masih ada kesempatan bagi pengelola uang negara untuk melakukan pembenahan. "Secara teknis pemeriksaan Inspektorat adalah menelusuri penggunaan dan pengelolaan adminitrasi keuangan sehingga dapat mengungkap ada penyimpangan atau tidak," ujarnya.
Ia melanjutkan, pemeriksaan dapat pula berdampak secara hukum jika seseorang atau lembaga yang diberi kewenangan mengelolah keuangan negara tidak taat petunjuk pemeriksa. Karena pemeriksaan bukan karena adanya laporan masyarakat atau lembaga-lembaga independen lainnya saja, tetapi merupakan tugas yang harus dijalankan.
"Jadi kami memonitor kegiatannya, terus mengevaluasi hasil kegiatan, dengan harapan tidak ada kegiatan yang menyimpang, sedangkan untuk Dana Desa sendiri kami hanya sebatas pembinaan," katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Jatiwangi Abdul Wahid menambahkan, untuk pemeriksaan yang dilakukan tim Inspektorat Kabupaten Karawang, sejauh ini masih terbilang lancar. Diharapkan, tidak adanya kesalahan dalam administrasi pengarsipan dan dokumentasi dalam SPJ-nya. "Untuk pemeriksaan realisasi sumber anggaran semuanya diperiksa, tapi ini sifatnya pembinaan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template